Di mana Mereka? Starting XI Barcelona di Debut Xavi Hernandez

"Empat berasal dari Belanda."

Analisis | 10 October 2022, 18:24
Di mana Mereka? Starting XI Barcelona di Debut Xavi Hernandez

Libero.id - Legenda Barcelona, Xavi Hernadez, telah kembali ke Camp Nou sebagai pelatih. Tetapi, pada 1998, pemain Spanyol itu membuat langkah pertamanya untuk menjadi seorang superstar saat melakukan debutnya di pentas Liga Champions.

Gelandang hebat saat itu masuk menggantikan Rivaldo pada 20 menit menjelang pertandingan usai dalam babak penyisihan grup di Old Trafford.

Sejak saat itu, Xavi membuat 767 penampilan dengan catatan 85 gol dan 25 gelar. Xavi tampil dengan catatan apik. Tapi, bagaimana dengan banyak dari rekan satu timnya dalam hasil imbang 3-3 itu. Bagaimana nasib mereka kemudian?

Dengan kata lain, apa yang terjadi pada pemain lain yang tampil pada malam September di Theatre of Dreams saat Barcelona ditangani Louis Van Gaal?

GK: Ruud Hesp

Kiper Belanda itu bermain tiga musim untuk klub Catalunya periode 1997-2000. 

Dijuluki 'Hespiderman' karena kemampuannya menghentikan tembakan yang luar biasa. Dia kemudian memenangkan empat trofi di Barca.

Momen terbaik sang penjaga gawang di tim Spanyol terjadi di final Copa del Rey 1998. Dia menjadi pahlawan dalam adu penalti melawan RCD Mallorca.

Hesp pensiun pada 2002 dan telah menduduki peran di tanah kelahirannya sebagai pelatih kiper, terutama di PSV Eindhoven.

RB: Michael Reiziger

Michael Reiziger bermain sebagai pemain sayap di awal kariernya sebelum Louis Van Gaal melihat potensinya untuk menjadi bek sayap di Ajax – klub yang bersama Reiziger memenangkan Liga Champions.

Bek sayap asal Belanda itu bermain selama tujuh tahun di Camp Nou dan mencatatkan 249 penampilan sebelum bergabung dengan Middlesborough dan PSV. Dia sekarang asisten manajer di Ajax.

CB: Abelardo Fernandez

Pemain asal Spanyol itu menikmati delapan musim bersama Blaugrana. Namun, saat pensiun, dia tidak kembali ke Barcelona. Pelatih berusia 52 tahun itu sempat melatih klub rivalnya, Espanyol, secara singkat pada 2019.

Abelardo tidak bertahan lama di kursi kepelatihan di Los Periquitos karena dia dipecat hanya enam bulan setelah pengangkatannya, apalagi klub terjun bebas di sekitar zona degradasi di La Liga.

Dia sekarang melatih Sporting Gijon yang berada di kasta kedua sepak bola Spanyol.

CB: Phillip Cocu

Bek tengah Belanda itu dipuja oleh para penggemar Barca – dari para pemain asing klub, hanya Lionel Messi yang telah mengumpulkan lebih banyak penampilan. Dia biasanya digunakan di lini tengah, tetapi sama-sama nyaman ditempatkan di belakang.

Di Inggris, Cocu mungkin paling diingat untuk waktu yang singkat sebagai pelatih Derby County. Dia menggantikan Frank Lampard pada 2019, tetapi berjuang untuk membuat jejaknya di tim di divisi Championship. Dia kemudian dipecat lima bulan setelah pengangkatannya.

LB: Sergi Barjuan

Di hari-harinya bermain, Barjuan bermain di klub Catalunya itu selama 12 tahun. Dalam waktu itu, dia memenangkan sepuluh penghargaan termasuk tiga gelar liga.

CM: Luis Figo

Luis Figo dipuja oleh para penggemar Barca sehingga dia pindah secara kontroversial ke rival Spanyol, Real Madrid, pada 2000. Sebuah hubungan yang pernah bersemi dengan cepat menjadi layu.

Tidak ada yang bisa mempertanyakan prestasi Figo – yang berkembang melalui jajaran di Sporting sebagai anak muda – tetapi keputusannya untuk bergabung dengan Madrid akan selalu menodai reputasinya sebagai pemain legendaris Barcelona.

CM: Luis Enrique

Seperti Figo, Luis Enrique memilih untuk beralih di antara dua raksasa sepak bola Spanyol itu. Namun, gelandang Spanyol itu mematahkan hati fans Madrid berbeda dengan rekan setimnya itu.

Dia meninggalkan Madrid dengan status bebas transfer pada 1996 dan segera menjadi legenda di klub Catalunya. Pensiun pada 2004 setelah delapan tahun produktif di Camp Nou, Enrique akhirnya ditunjuk sebagai pelatih Barca pada 2014.

Dia kemudian menjadi pelatih tersukses kedua di klub sejak kepergian Pep Guardiola pada 2012. Bukan pekerjaan buruk selama tiga tahun dari pelatih berusia 52 tahun itu.

Enrique sekarang menjadi manajer tim nasional Spanyol dan akan memandu negaranya ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

CM: Boudewijn Zenden

Wajar untuk mengatakan bahwa gelandang itu bukan anggota skuad 1998 yang paling berpengaruh. Dalam tim yang sarat dengan bintang, Zenden lebih merupakan roda penggerak dalam gaya sepak bola Spanyol.

Dalam empat musim di Spanyol, 'Bolo' tampil sebanyak 97 kali dalam balutan seragam Barca. Namun, dirinya hanya mencetak empat gol. Prestasi terbesarnya datang kemudian dalam kariernya di Liverpool, memenangkan Liga Champions 2005 di Istanbul dengan melawan segala rintangan.

CAM: Rivaldo (Xavi, '68)

Pria ini tidak perlu diperkenalkan.

Sebagai seorang anak, berkembang menjadi salah satu pesepakbola terhebat di dunia tampaknya tidak mungkin: “Anda bekerja sepanjang hari untuk memiliki sedikit, kelaparan, menderita. Di Paulista (daerah Recife tempat dia tinggal), sulit untuk bermimpi,” ungkap Rivaldo tentang pengalamannya di Brasil.

Tapi, Rivaldo mencapai prestasi ini. Deportivo membayar klausul pelepasannya untuk membawanya ke Eropa dari Palmeiras pada 1996 sebelum dia bergabung dengan Barca satu tahun kemudian. Dia kemudian memenangkan tiga trofi dan dianugerahi Pemain Terbaik Dunia pada 1999.

Menggantikan Ronaldo Nazario – yang pindah ke Inter Milan – hampir merupakan tugas yang mustahil, tetapi Rivaldo tidak melakukan pekerjaan yang buruk untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan rekan senegaranya tersebut.

Sementara Rivaldo berada di puncak kekuatannya saat Barca berhadapan dengan pasukan Sir Alex Ferguson, Xavi masih mempelajari hal-hal yang perlu diperhatikan.

Setelah melakukan debutnya di Liga Champions di Manchester, pemain internasional Spanyol itu menjadi pemain pertama yang mencapai rekor 150 penampilan di Liga Champions.

ST: Giovanni

Striker Brasil itu menyumbang 35 gol untuk Barcelona dari 1996-1999. Dia memenangkan delapan trofi di klub sebelum bergabung dengan Olympiakos.

Giovanni pensiun pada 2010 di tanah kelahirannya di Santos dan menjadi pelatih sepak bola remaja.

ST: Sonny Anderson

Sonny Anderson melengkapi trio penyerang Brasil di tim asuhan Louis van Gaal di Old Trafford. Dia adalah starter reguler di bawah era pelatih asal Belanda itu sampai kedatangan Patrick Kluivert melihatnya digunakan, terutama sebagai pemain yang sedikit berperan. 

Anderson mendapat julukan 'si penembak' karena selebrasi golnya yang kreatif – dia akan berpura-pura menembak dengan tangannya setelah menemukan sasaran. 

Tahun-tahun terbaiknya datang di Prancis bermain untuk Marseille dan Monaco. 

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network