Kisah Keirrison, Transfer Paling Aneh dalam Sejarah Barcelona

"Ketika kesempatan bermain tak kunjung datang."

Biografi | 13 October 2022, 17:10
Kisah Keirrison, Transfer Paling Aneh dalam Sejarah Barcelona

Libero.id - Barcelona telah menjadi rumah bagi beberapa pesepakbola Brasil terbaik yang pernah memainkan permainan indah seperti Romario, Ronaldo, Rivaldo, Ronaldinho, Dani Alves, dan Neymar selama di Camp Nou.

Namun, kisah Keirrison menjadi cerita yang berbeda. Dianggap oleh banyak penggemar sebagai pemain Brasil terburuk yang pernah bermain untuk Barcelona. Kemunculan tiba-tiba Keirrison dan kejatuhannya yang menyakitkan menjadi kisah tentang janji-janji palsu, klub yang ceroboh, dan keserakahan.

Keirrison lahir di De Souza Carneiro. Ayahnya memilih nama itu sebagai penghormatan kepada dua musisi favoritnya, Keith Richards dan Jim Morrison.

Dalam beberapa hal terbukti tepat, sebagai pesepakbola Keirrison adalah 'Batu Bergulir' yang secara teratur ditampilkan oleh 'The Doors' di tidak kurang dari 10 klub dalam waktu hanya 12 tahun.

Namun, ada sesuatu yang sangat rock n roll tentang cara dia meledak sebagai seorang remaja di Coritiba. Keirrison mencetak 65 gol dalam 122 pertandingan dan membuat sejarah sebagai pemain muda yang pernah menjadi pencetak gol terbanyak di papan atas Brasil.

Kepindahan ke salah satu klub terbesar Brasil, Palmeiras, menyusul. Keirrison mencetak 24 gol lagi hanya dalam 36 pertandingan untuk mendapatkan julukan 'Romario baru' karena naluri predatornya di depan gawang.

Itu tidak lama sebelum dia dikaitkan dengan kepindahan ke Eropa, di mana Liverpool dan Roma dikabarkan tertarik mendatangkannya. Namun, Keirrison memiliki ide lain.

“Sejak saya masih kecil, saya selalu mengidentifikasi diri saya dengan satu negara tertentu dan satu klub hebat. Saya tidak menentang tim lain, tetapi saya selalu melihat diri saya bermain untuk Barcelona," katanya kepada Sport.

“Saya telah menyaksikan Romario dan Ronaldo bermain untuk mereka di masa lalu dan itu membuat saya bercita-cita ingin bermain untuk klub hebat seperti Barca. Saya juga bermimpi bisa bermain bersama seseorang seperti Lionel Messi suatu hari nanti.”

Dia tidak mengetahuinya pada saat itu, tetapi mimpinya akan menjadi mimpi buruk saat bangun tidur.

Pada Juli 2009, Barcelona menandatangani Keirrison dengan kontrak lima tahun seharga 14 juta euro (Rp 208 miliar). Pada awalnya, anak muda itu tampak percaya diri untuk membuat dampak langsung.

“Saya berharap bisa masuk ke tim asuhan Pep Guardiola, dan bergabung dengan banyak pemain Brasil terkenal lainnya yang pernah bermain di sini,” katanya kepada wartawan.

“Klub ini adalah yang terbaik di dunia, dan saya sangat beruntung berada di sini di usia begitu muda. Saya punya waktu untuk menunjukkan bakat saya dan memenangkan gelar.”

Tapi, Guardiola kurang yakin dengan mengatakan, “Klub telah memutuskan untuk mengontraknya,” kata bos Barca saat itu. “Pada prinsipnya, dia akan dipinjamkan. Saya tidak akan mengandalkan dia untuk musim ini.”

Hanya enam hari setelah menyelesaikan langkah impiannya, Keirrison dipinjamkan ke Benfica selama satu musim. Dia tidak akan pernah memainkan permainan kompetitif untuk Barcelona.

Belakangan diketahui bahwa Presiden Barcelona, Joan Laporta, berencana meminjamkannya dan menjualnya dengan keuntungan yang signifikan.

Itu adalah kebijakan keliru yang diadopsi Laporta dalam beberapa tahun terakhir waktunya di klub dan kebijakan yang sudah mengalami masalah.

Hanya setahun sebelumnya, tepatnya pada 2008, Barcelona membuat Ajax tertarik dengan penandatanganan bek Palmeiras, Henrique, senilai 8 juta euro (Rp 119 miliar). Dia dengan cepat dipinjamkan ke Bayer Leverkusen, yang memiliki opsi untuk membeli.

Tapi, dia kembali hanya setahun kemudian setelah Leverkusen memilih untuk tidak menjadikan kesepakatan itu permanen. Beberapa pinjaman yang gagal menyusul sebelum Barca membatalkan kontraknya.

Henrique setidaknya telah diberi kesempatan untuk mengecewakan klubnya. Hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang Keirrison.

Jika Laporta berharap Benfica akan mematenkan Keirrison, mereka tidak mengandalkan manajer baru, Jorge Jesus, menggunakannya dengan hemat dalam mengejar gelar liga pertama dalam lima tahun.

“Benfica adalah klub besar di Eropa, tetapi tidak ada gunanya pindah ke klub dengan banyak striker karena bukan kebetulan mereka ada di sana,” keluh Keirrison kemudian.

“Benfica mengajukan tawaran dan Barcelona menerimanya. Jika saya tahu, saya tidak akan pindah.”

Benfica kemudian memenangkan liga, tetapi pada saat itu Keirrison telah dipanggil kembali oleh Barca. Pada saat dia kembali ke Camp Nou pada Januari 2010, tampaknya klub sudah siap untuk memangkas kerugiannya.

Kesepakatan disepakati dengan Fiorentina yang membuat Keirrison bergabung dengan klub dengan kontrak pinjaman 18 bulan dengan opsi untuk membeli seharga 14 juta euro (Rp 208 miliar), memungkinkan Barcelona memiliki kesempatan untuk mengganti biaya pembeliannya.

Setelah mencapai fase gugur Liga Champions serta fase akhir Coppa Italia, manajer Fiorentina, Cesare Prandelli, sangat membutuhkan bala bantuan untuk mencetak gol saat La Viola berjuang di Serie A.

Klub tidak takut untuk bertaruh pada talenta muda, setelah mempromosikan Khouma Babacar yang berusia 16 tahun ke jajaran senior dan menandatangani pemain West Ham, Savio Nsereko, awal musim itu.

Mengingat profilnya sebagai 'Romario baru', Keirrison layak dicoba. Tapi, sekarang kepercayaan diri dan kebugaran pertandingannya kurang yang membuatnya jarang digunakan.

Dia membuka rekening golnya untuk La Viola dengan gol penyama kedudukan di masa tambahan waktu melawan Lazio dan tampaknya telah menggoyahkan perburuan gelar untuk menguntungkan Roma di akhir musim, apalagi setelah mencetak gol melawan Inter Milan dengan hasil imbang 2-2.

Musim panas itu, Prandelli meninggalkan klub untuk mengambil alih sebagai manajer Italia dan digantikan oleh Sinisa Mihaljovic. Kesepakatan pinjaman Keirrison diakhiri setelah hanya mendampingi klub selama 318 menit.

Pada Maret 2012, dia kembali ke tempat semuanya dimulai, bergabung dengan Coritiba dengan kesepakatan pinjaman kelima dan terakhir yang berlangsung hingga akhir kontraknya dengan Barcelona.

“Saya tidak pernah lupa dan saya tidak akan pernah melupakan kasih sayang dari klub ini,” kata Keirrison setelah kembali. “Itulah mengapa saya kembali ke sini. Saya yakin saya bisa melakukan lebih banyak untuk Coritiba.”

Harapan untuk menemukan kembali karier lamanya terhambat oleh beberapa cedera. Keirrison mengalami cedera ACL di lutut kanannya, bahkan sebelum dia menendang bola. Dia mengalami cedera serius lainnya pada lutut kirinya segera setelah kembali.

Bahkan, Keirrison kembali beraksi 18 bulan menjelang Piala Dunia 2014, di mana banyak keyakinan bahwa dia bisa bermain bersama timnas Brasil mengingat kelangkaan striker yang layak tersedia. 

Tapi, dia tidak pernah mendapatkan kesempatan bermain atau gol yang dibutuhkan untuk membuat mimpi itu terwujud. Terus terang, dia adalah flush yang rusak. 

Waktunya di Coritiba juga berakhir dengan catatan buruk. Keirrison kemudian melaporkan klub kesayangannya ke pengadilan atas tuduhan upah yang belum dibayar dan tagihan medis. 

Keirrison mengalami penurunan dari proporsi Freddy Adu, dia terakhir dilaporkan bermain di AS bersama Palm Beach Stars di United Premier Soccer League di usia 33 tahun. 

Keirrison mungkin adalah pemain Brasil terburuk yang bermain untuk Barcelona, tetapi fakta yang menyedihkan adalah bahwa penggemar tidak akan pernah benar-benar tahu. Dia bahkan tidak pernah diberi kesempatan untuk gagal. 

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network