Kenalkan Garang Kuol, Wonderkid Australia Calon Bintang Newcastle

"Berikut komentar Xavi Hernandez tentang Kuol."

Biografi | 18 October 2022, 22:02
Kenalkan Garang Kuol, Wonderkid Australia Calon Bintang Newcastle

Libero.id - Hari-hari Harry Kewell, Mark Viduka, dan Tim Cahill menjadi duta untuk timnas Australia sudah lama berlalu. Saat mereka sedang mempersiapkan diri tampil lima kali berturut-turut di putaran final Piala Dunia, Socceroos menemukan satu calon pahlawan baru di skuad mereka.

Dia adalah Garang Kuol, seorang remaja yang bahkan belum memulai pertandingan profesional di level internasional. Dia  disebut-sebut akan menjadi hal besar bagi Australia berikutnya.

Pemain berusia 18 tahun itu menjadi pusat perhatian setelah tampil di A-League untuk Central Coast Mariners musim lalu. Dia akan berangkat ke Piala Dunia 2022 di Qatar setelah mendapatkan panggilan internasional pertamanya pada September.

Dia juga baru saja menyetujui untuk pindah ke Liga Premier beberapa minggu kemudian, dan ada kegembiraan nyata bahwa Australia telah menemukan bakat baru di generasi mereka.

Kuol lahir di Mesir dari orang tua asal Sudan yang telah meninggalkan rumah mereka yang dilanda perang beberapa tahun sebelumnya.

Kuol adalah salah satu dari enam bersaudara. Dia dan keluarganya pindah ke Australia ketika berusia enam tahun. Dia dan kakak laki-lakinya, Alou, mulai belajar tentang sejarah sepak bola, menonton video dari penampilan Piala Dunia Socceroos sebelumnya.

"Itu pada dasarnya menjadi perpaduan, momen-momen penting dimasukkan ke dalam satu rekaman dari beberapa gol dan momen-momen besar," kata Kuol kepada Sydney Morning Herald.

“Saya tidak dapat mengingat banyak tentang itu, tetapi saya hanya mengingat pemain seperti (Mark) Bresciano, Tim Cahill, dan lainnya."

Pada 2019, Kuol mengikuti jejak saudaranya, Alou, dengan bergabung ke akademi Central Coast Mariners. Alou bersinar bersama Mariners sebelum pergi bergabung dengan Stuttgart pada 2021.

Namun, banyak yang diharapkan dari Guol ketika dia muncul untuk pertama kalinya pada April 2022. Dia disebutkan di antara pemain pengganti melawan Western United.

Meskipun Kuol tidak berhasil masuk ke lapangan hari itu, seminggu kemudian dia bisa berdampak pada permainan profesional.

Dia mencetak gol hanya lima menit setelah masuk pada pertandingan debut melawan Wellington Phoenix, memicu laju yang membuatnya mencetak empat gol dalam sembilan penampilan untuk mengakhiri musim, termasuk tiga gol dalam banyak pertandingan untuk membantu Mariners mencapai play-off.

"Garang (Guol) adalah pemain berbakat khusus," kata manajernya, Nick Montgomery. "Ketika dia datang dari bangku cadangan, dia hanya membutuhkan satu kesempatan. Itu menunjukkan betapa berbakatnya dia."

Dimainkan secara eksklusif sebagai pemberi dampak, Kuol rata-rata mencetak gol setiap 47 menit, dan mendapatkan tempat di skuad A-League All-Stars untuk menghadapi Barcelona dalam pertandingan persahabatan pasca-musim.

Remaja itu dua kali nyaris mencetak gol solo yang luar biasa di babak kedua, dan tentu saja membuat dampak pada anak asuh Xavi Hernandez saat dia menyaksikan dari pinggir lapangan.

"Itu adalah kejutan besar," kata Xavi pasca-pertandingan. "(Dia) sangat cepat, dia menciptakan banyak peluang dan kami kebobolan dua atau tiga peluang karena dia. Dia akan menjadi pemain hebat dan masa depan yang hebat. Dia berbakat."

Setelah beberapa bulan, Kuol meledak kembali pada pertengahan September ketika dia menjadi pemain termuda sejak Kewell yang dipanggil ke skuad Socceroos pada 1996.

Debutnya melawan Selandia Baru menjadikannya pemain termuda keenam yang mewakili Australia, dan mengingat Piala Dunia yang sudah di depan mata, ada kemungkinan dia akan terlibat di Qatar sebagai salah satu pemain termuda di seluruh turnamen.

Pada saat yang sama, muncul laporan bahwa Kuol makin dekat untuk pindah ke Newcastle United, setelah sebelumnya dikaitkan dengan klub-klub seperti Barcelona, Chelsea, dan Borussia Dortmund. 

Direktur Olahraga Newcastle, Dan Ashworth, membuat kebiasaan merekrut pemain-pemain muda berbakat dari liga yang kurang dikenal selama waktunya di Brighton, dan gerakannya untuk Kuol menunjukkan strategi serupa akan diterapkan di St James Park. 

Kuol menyelesaikan kepindahannya senilai 300.000 pounds (Rp 5,2 miliar) ke Liga Premier, dan secara resmi akan terdaftar di klub pada awal jendela transfer Januari 2023. 

Seperti kebanyakan remaja yang mencari jalan mereka dalam permainan profesional, Kuol memiliki pekerjaan yang harus dilakukan dalam hal fisiknya, di mana perawakannya yang relatif kecil membuatnya dapat dengan mudah dijatuhkan di waktu-waktu tertentu. 

Namun, Kuol memiliki banyak sifat yang sama dengan Ousmane Dembele, di mana kekuatan pada kedua kaki mereka sangat mirip dengan apa yang ditunjukkan Dembele di tahun-tahun awalnya di Rennes dan Borussia Dortmund. 

“Dia mengingatkan saya pada pemain sayap yang cerdik dengan kaki yang sangat bagus,” kata direktur teknis Goulburn Valley Suns, Billy Marshall, kepada Herald Sun ketika membandingkan Kuol dengan Dembele. 

“Ketika saya bermain, saya biasa merasakan tekanan, tetapi sepertinya dia tidak merasakan tekanan." 

Dengan dimulainya musim baru A-League pada 7 Oktober, Kuol akan kembali bermain bersama Mariners pada minggu-minggu pembukaan musim sebelum menyelesaikan kepindahannya ke Newcastle pada 2023. 

Eddie Howe menyarankan bahwa remaja itu akan dipinjamkan ketika dia tiba di Timur Laut Inggris, meskipun keputusan akhir belum dibuat, terutama dengan peran potensial di Piala Dunia yang akan didahulukan untuk Kuol. 

Dalam jangka panjang, ada kemungkinan bahwa Kuol akan menjadi bakat transenden, seorang pemain yang dapat meningkatkan kualitasnya di negara yang memuja bintang rugbi, kriket, dan Australian Rules. 

"Saya tidak ragu sama sekali. Dia akan menjadi salah satu pemain terbaik di dunia suatu hari nanti," kata Carley. 

“Itu hanya membuat bulu di lengan Anda berdiri ketika Anda melihatnya mengeksekusi beberapa hal yang dia lakukan dan mencetak beberapa gol yang dia cetak." 

"Dia akan terus menjadi sesuatu yang istimewa. Tidak diragukan lagi." 

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network