Kisah Eks Full back Liverpool Pensiun dini Usia 29 Tahun, Gara-gara Cedera

"Fans The Reds pasti kenal pemain ini. Kisahnya bikin haru.."

Biografi | 19 October 2022, 15:05
Kisah Eks Full back Liverpool Pensiun dini Usia 29 Tahun, Gara-gara Cedera

Libero.id - Mantan bek sayap Liverpool dan Glasgow Rangers, Jon Flanagan, baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola. Pemain asal Inggris itu gantung sepatu di usia yang masih muda, 29 tahun!

Jonathon Patrick Flanagan lahir di Liverpool, 1 Januari 1993. Sejak kecil, dia dididik sebagai pendukung The Reds. Kemudian, dia bergabung dengan Akademi Liverpool. Dia bermain di berbagai kelompok usia, mulai dari Liverpool U-18 hingga Liverpool U-23 sebagai full back.

Berkat performa yang bagus, Jon Flanagan naik kelas. Dia menjalani debut Liga Premier pada 11 April 2011 saat pertandingan melawan Manchester City. Mengenakan jersey No.38, dirinya bermain 90 menit dalam usia 18 tahun, dan The Reds menang 3-0.

"Penampilan anak muda ini (Jon Flanagan) tidak buruk. Bagi klub saya senang karena mereka berani menampilkan pemain muda di pertandingan seperti ini. Kami punya akademi yang bagus, dan itu harus dimanfaatkan dengan baik," kata Legenda Liverpool, Kenny Dalglish, ketika itu, dilansir Sky Sports.

Sayang, prediksi Kenny Dalglish tidak terbukti. sejak debut di tim utama Liverpool, Jon Flanagan hanya memiliki total 51 pertandingan di semua ajang selama tujuh musim. Dia sempat dipinjamkan ke Burnley dan Bolton Wanderers sebelum akhirnya pindah secara permanen ke Glasgow Rangers pada 2018.

Di tempat baru, karier Jon Flanagan juga tidak istimewa. Dia menghabiskan banyak waktu di meja operasi untuk pemulihan cedera. Dia sudah mencoba segala cara untuk kembali ke kebugarannya setelah operasi lutut. Tapi, dia gagal. Dia menegaskan bahwa kesehatan jangka panjang harus didahulukan.

"Sayangnya setelah mempertimbangkan dengan cermat saya telah membuat keputusan terberat yang pernah saya buat: pensiun dari sepakbola profesional," tulis Jon Flanagan di Twitter.

"Waktu 14 bulan terakhir saya telah mencoba segala kemungkinan untuk pulih dari operasi lutut terakhir saya. Tapi, pada akhirnya kesehatan jangka panjang saya harus didahulukan. Jadi, mengikuti saran medis adalah hal yang tepat untuk saya lakukan sekarang. Saya pensiun dari permainan," tambah pemilik satu caps untuk The Three Lions.

Jon Flanagan membuat satu-satunya penampilan internasional senior untuk tim nasional Inggris pada 2014. Saat itu, dirinya masuk lapangan sebagai pemain pengganti dalam pertandingan persahabatan melawan Ekuador. Dia juga masuk daftar pemain cadangan Inggris untuk Piala Dunia 2014, meski pada akhirnya gagal terbang ke Brasil.

Jadi, dengan penuh haru, Jon Flanagan mengenang kembali kariernya. Dia mengaku bangga pernah bermain di Liverpool dan memiliki kesempatan membela Inggris.

"Impian saya sebagai anak laki-laki adalah untuk tumbuh dan bermain sepakbola untuk mencari nafkah. Dan, hari ini saya sangat bangga untuk mengatakan. Saya menjalani mimpi itu. Tidak hanya bermain dan menjadi kapten klub masa kecil saya, Liverpool, melainkan juga membuat penampilan untuk negara saya," ungkap Jon Flanagan.

"Kenangan yang tercipta akan bertahan seumur hidup. Saya sangat bersyukur bahwa saya telah memiliki pengalaman yang kebanyakan orang lain hanya bisa berharap," tambah Jon Flanagan.

Setelah berkarier di Glasgow Rangers, Jon Flanagan pindah ke klub Belgia, Charleroi. Dia main selama satu musim sebelum bergabung dengan klub Denmark, HB Koge, pada musim panas lalu.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas dukungan mereka selama perjalanan saya, terutama pacar saya, keluarga, teman, pelatih, rekan satu tim, dan agen saya. Saya merasa sangat beruntung memiliki kalian semua dalam hidup saya," pungkas Jon Flanagan.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Liverpool


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network