Wanita Dilarang Bermain, Pemain Iran Minta FFIRI Dicoret dari Piala Dunia 2022

"Isu masalah lama yang tidak terselesaikan hingga saat ini."

Berita | 23 October 2022, 15:08
Wanita Dilarang Bermain, Pemain Iran Minta FFIRI Dicoret dari Piala Dunia 2022

Libero.id - Lawan penindasan wanita di Iran, beberapa pemain dan atlet telah bergabung bersama dengan firma hukum Spanyol Ruiz-Huerta & Crespo, untuk mengajukan permintaan resmi agar Federasi Iran diskors dari Piala Dunia di Qatar.

"Jika wanita tidak diizinkan memasuki stadion di seluruh negeri, dan Federasi Sepak Bola Iran hanya mengikuti dan menegakkan pedoman pemerintah, mereka tidak dapat dilihat sebagai organisasi independen yang bebas dari segala bentuk atau jenis pengaruh. Ini adalah pelanggaran (Pasal 19). ) dari statuta FIFA," bunyi pernyataan itu.

"Langkah ini telah digunakan untuk menangguhkan Kuwait, India dan Federasi Iran sendiri di masa lalu."

“Situasi perempuan di Iran sangat tidak menyenangkan. Tragisnya, kejahatan dan kesalahan yang sama terus terjadi di dunia sepak bola, yang berarti bahwa sepak bola, yang seharusnya menjadi tempat yang aman untuk semua, bukanlah ruang yang aman bagi perempuan atau bahkan laki-laki."

"Perempuan secara konsisten ditolak aksesnya ke stadion di seluruh negeri dan secara sistematis dikeluarkan dari ekosistem sepak bola di Iran, yang sangat bertentangan dengan nilai dan undang-undang FIFA."

FIFA Masih Belum Mengambil Tindakan

Pernyataan itu terus menekan FIFA untuk mengambil tindakan, meskipun posisi mereka secara historis netral pada masalah seperti itu.

"FIFA harus memilih pihak. Netralitas FIFA bukanlah pilihan, mengingat FA Iran belum netral tetapi telah memobilisasi untuk memperkuat penindasan dan pengucilan sistematis perempuan dalam ekosistem olahraga."

Namun bukan hanya perempuan yang menjadi korban di negeri ini.

"Pemerintah Iran juga telah menahan suara beberapa atlet di negara itu dan mencegah hak mereka untuk berbicara di depan umum. Pemain tim nasional seperti Hossein Mahini, Aref Gholami dan mantan pemain terkemuka seperti Ali Karimi dan Ali Daei, telah menjadi sasaran hukuman penjara, pelecehan atau ancaman oleh pemerintah."

"Sudah waktunya bagi FIFA untuk mengambil tindakan, cukup sudah."

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network