8 Pemain Real Madrid Peraih Ballon d'Or

"Dua masih aktif merumput di Santiago Bernabeu."

Analisis | 26 October 2022, 19:07
8 Pemain Real Madrid Peraih Ballon d'Or

Libero.id - Tidak ada klub di dunia yang paling membanggakan superstar kelas dunia mereka sebanyak Real Madrid. Zinedine Zidane, Michael Owen, hingga Kaka semuanya memiliki Ballon d'Or ketika mereka didatangkan Los Blancos, tetapi ada juga banyak pemain hebat sepanjang masa yang membuat status Legenda mereka di Bernabeu.

Pemain Real Madrid telah memenangkan beberapa Ballon d'Or dalam 12 kesempatan, rekor yang mereka bagikan dengan rival lama Barcelona. Tapi, delapan pemain Madrid yang berbeda telah memenangkan Ballon d'Or, dan ini merupakan rekor spesial.

Berikut adalah delapan nama legendaris yang memenangkan penghargaan individu paling bergengsi sepak bola saat mewakili raksasa La Liga.

#1 Alfredo di Stefano (1957, 1959)

Pemain Argentina yang membuat 31 penampilan untuk Spanyol itu dianggap sebagai salah satu penyerang terhebat dalam sejarah sepak bola. Dia bahkan masih menjadi sosok paling penting dalam sejarah besar Los Blancos. Dia tetap menjadi tolak ukur kehebatan, yang bagi klub dengan gengsi seperti Real Madrid menjadi sesuatu yang luar biasa.

Dia menjadi runner-up Ballon d'Or pada 1956, di mana pemain Blackpool, Stanley Matthews, berhasil mengungguli Di Stefano. Tapi, dia memenangkannya dengan telak pada tahun berikutnya, setelah memainkan peran penting di Madrid dalam mempertahankan Piala Eropa dan memenangkannya untuk kedua kalinya pada 1959.

Di Stefano tetap di Madrid dan terlibat dalam lima kemenangan berturut-turut mereka di Eropa, mencetak hat-trick di final terakhir pada 1960, kemenangan 7-3 atas Eintracht Frankfurt, di mana Ferenc Puskas mencetak empat gol lainnya.

#2 Raymond Kopa (1958)

Gelandang ikonik Prancis itu berada di Madrid. Dia dimainkan dengan tiga pemain tengah dari lima pertandingan berturut-turut setelah tampil untuk Reims saat mereka dikalahkan oleh Madrid asuhan Di Stefano di final 1956.

Dia pindah ke Madrid pada saat dia terpilih sebagai pesepakbola terbaik ketiga Eropa tahun itu, menempati posisi ketiga bersama pada 1957 dan runner-up pada 1959.

Periode 1958 adalah tahun terbaiknya. Dia terpilih sebagai pemenang yang layak mendapatkan bola emas setelah tampil bersama Di Stefano dalam kemenangan 3-2 atas Milan di final Piala Eropa tahun itu.

Pada 2016, France Football mengusulkan evaluasi ulang penghargaan Ballon d'Or di mana tidak hanya pemain Eropa yang memenuhi syarat. Hal ini membuat Pele menjadi kandidat yang layak untuk Kopa dan Di Stefano pada 1958 dan 1959.

#3 Luis Figo (2000)

Superstar Portugal itu telah membuktikan dirinya sebagai pemain terbaik di dunia saat berada di Camp Nou. Itulah sebabnya kepindahannya ke Real Madrid menjadi transfer paling kontroversial dalam sejarah, bahkan didokumentasikan dalam film dokumenter Netflix.

Figo meraih Ballon d'Or pertamanya dan satu-satunya beberapa bulan setelah menjadi penandatanganan yang memulai proyek Galacticos milik Florentino Perez. Dia memenangkan dua gelar La Liga dan Liga Champions selama waktunya di Bernabeu, sementara Barca menjalani empat tahun yang panjang tanpa trofi.
#4 Ronaldo (2002)

'O Fenomeno' menjadi orang Amerika Selatan pertama yang memenangkan Ballon d'Or pada 1997 setelah pindah ke Inter dengan biaya rekor dunia setelah bermain luar biasa bagus dengan Bobby Robson di Barcelona.

Yang kedua diikuti pada 2002. Seperti Figo, sebagian besar untuk apa yang dia lakukan sebelum menandatangani kontrak dengan Madrid di awal tahun. Dia tidak terlalu istimewa setelah musim 2001/2002 yang dilanda cedera bersama Inter, tetapi dia mendapatkan kembali kebugaran dan bersinar untuk Brasil saat mereka mengangkat Piala Dunia di Jepang.

Mencetak kedua gol untuk Selecao di final semakin memastikannya merebut trofi. Rekan setim Ronaldo di Brasil dan Madrid, Roberto Carlos, menjadi runner-up.

#5 Fabio Cannavaro (2006)

Mantan presiden Madrid, Ramon Calderon, meminjam trik dari pendahulunya dan menandatangani megabintang pemenang Piala Dunia 2006 tersebut.

Setelah menjadi kapten Italia dan simbol kemenangan mereka di Piala Dunia 2006, bukanlah kejutan besar ketika Cannavaro mengungguli rekan setimnya di Azzurri, Gianluigi Buffon, untuk meraih Ballon d'Or tahun itu.

Bek tengah itu tidak buruk di Madrid, memenangkan gelar La Liga berturut-turut dalam beberapa tahun pertamanya bersama klub, tetapi dia tidak pernah sebagus saat bermain untuk timnas pada musim panas yang tak terlupakan di Jerman.

#6 Cristiano Ronaldo (2013, 2014, 2016, 2017)

Ronaldo menjadi pemegang Ballon d'Or ketika Madrid mengontraknya dengan biaya rekor dunia dari Manchester United pada musim panas 2009. Dia harus menunggu waktunya di Bernabeu, menonton dan sering menjadi runner-up saat rival abadinya Lionel Messi menang dalam empat tahun berturut-turut.

Ronaldo sangat produktif sejak tiba, tetapi trofi yang diraihnya tidak sebanyak golnya. Madrid benar-benar kehilangan trofi pada musim 2012/2013, tetapi jumlah gol stratosfer Ronaldo (34 gol di liga dan 55 gol di semua kompetisi) membuatnya diganjar Ballon d'Or kedua setelah tidak ada satu pun sosok yang menonjol dari pemenang treble Bayern Muenchen.

Dia kemudian mengangkat bola emas tiga kali selama empat tahun berikutnya, periode di mana dia menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Madrid, memenangkan Kejuaraan Eropa bersama Portugal, dan tiga Liga Champions bersama Madrid. Hanya Messi yang bisa mematahkan cengkeramannya, setelah memenangkannya setelah membintangi treble Barcelona 2014/2015.

#7 Luka Modric (2018)

Ronaldo mungkin merasa dia akan meraih Ballon d'Or kelima dalam enam tahun setelah memenangkan Liga Champions lagi pada 2018.

Tapi, rekan setimnya di Madrid Modric mencuri perhatian di Piala Dunia musim panas itu, menampilkan serangkaian penampilan memukau saat Kroasia mengalahkan peluang untuk finis sebagai runner-up.

Modric menjadi pemain pertama yang mengalahkan dominasi Messi atau Ronaldo sejak Kaka melakukannya pada 2007.

“Saya tidak bisa mengatakan mengapa seseorang tidak hadir, itu adalah pilihan mereka, itu logis, bukan?” dia berkata.

“Ternyata pilihan dan piala ini hanya memiliki nilai ketika mereka mendapatkannya. Ini tidak adil bagi rekan bermain mereka, atau bagi para pemilih yang telah menominasikan mereka selama 10 tahun terakhir, atau untuk sepak bola atau pendukung.”

#8 Karim Benzema (2022)

Pemain Prancis itu bermain selama sembilan tahun di Madrid dan akhirnya bersinar dalam sorotan setelah kepergian Ronaldo pada 2018.

Benzema telah menghidupkan karirnya yang luar biasa. Dia menyelesaikan musim sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga (27 gol) dan Liga Champions (15 gol) saat Madrid menyelesaikan dua gol langka. Dari situ, Ballon d'Or tak diragukan lagi.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network