Kenalkan Jhon Duran, Wonderkid Kolombia Incaran Liverpool

"Banyak yang bilang sih mirip seperti Romelu Lukaku."

Biografi | 27 October 2022, 16:16
Kenalkan Jhon Duran, Wonderkid Kolombia Incaran Liverpool

Libero.id - Jhon Duran, yang masih berusia 18 tahun, menikmati musim pertama yang mengesankan di Chicago Fire. Dia bahkan mendapatkan minat dari seluruh klub Eropa.

Saat babak kedua dimulai pada pertandingan persahabatan September antara Kolombia dan Guatemala, tim Amerika Selatan itu bermain tanpa Radamel Falcao setelah diganti di babak kedua.

Dan, pemain yang menggantikannya adalah seorang pemain muda bernama Jhon Duran. Momen itu sekaligus membuat penampilan senior pertamanya untuk timnas Kolombia.

Itu adalah momen yang bisa dilihat sebagai berlalunya ketergantungan Kolombia pada Falcao. Meski Duran harus melakukan banyak hal untuk bisa menyamai warisan Falcao, tampaknya dia berpotensi menjadi striker Kolombia di masa depan. Jika semua berjalan sesuai rencana, dia bisa menjadi bintang berikutnya yang membuat gelombang di Eropa.

Duran mengambil jalan yang berbeda dari banyak pendahulunya. Pemain berusia 18 tahun itu baru saja menyelesaikan musim pertamanya di MLS bersama Chicago Fire, tetapi dia mungkin tidak akan berada di sana selamanya karena beberapa klub terbesar dunia sedang menonton. Tapi, siapa Duran dan apa yang membuatnya begitu istimewa?

Lahir di Medellin, karir Duran dimulai bersama Envigado, klub yang terkenal menghasilkan bintang masa depan Kolombia.

Orang-orang seperti James Rodriguez, Fredy Guarin, Juan Quintero, Matheus Uribe, Jhon Cordoba semua muncul melalui Envigado sebelum membuat tanda mereka di Eropa.

Pada satu titik saat masih di akademi yang dilatih oleh Wilson James Rodriguez, ayah James, Duran diubah dari pemain sayap menjadi striker tengah saat dia berkembang di kelompok usia.

Dia membuat debut tim utama untuk klub pada 2019 sebelum akhir tahun itu. Duran menjadi pencetak gol termuda kedua dalam sejarah papan atas Kolombia pada usia 15 tahun dan 263 hari.

Pada Januari 2021, Duran melakukan cukup banyak hal untuk menarik perhatian Chicago Fire, yang dilaporkan membayar biaya transfer yang bisa naik menjadi 1,8 juta pounds (Rp 32 miliar) untuk mengamankan kesepakatan mendatangkan pemain asing termuda dalam sejarah MLS.

Namun, karena usianya, Duran tidak bergabung dengan Fire sampai awal musim MLS 2022. Sebaliknya, dia menghabiskan satu musim lagi di Envigado, mencetak tujuh gol dalam 23 penampilan liga.

Ketika dia tiba di Chicago, dia merasa tenang karena striker berusia 18 tahun itu menghabiskan sebagian besar tahun sebagai pilihan kedua di belakang pemain veteran Kacper Pryzbylko.

Namun, Duran tidak butuh waktu lama untuk mencetak gol, dia mencetak gol pertamanya dari bangku cadangan dalam kekalahan 2-1 dari FC Cincinnati pada Mei.

Performa terobosan yang sebenarnya datang pada Juli ketika dia mencetak dua gol melawan Toronto FC dalam kemenangan 2-0.

“Saya senang padanya, dan saya harap dia bisa terus seperti ini,” kata rekan setimnya dan mantan bintang Liverpool, Xherdan Shaqiri.

“Dia harus tetap konsisten dan mencoba untuk tetap waspada dan belajar dari permainan lain juga. Ini penting baginya untuk bekerja keras dalam latihan dan pertandingan."

Pada akhir musim, Duran telah memainkan 27 penampilan, 14 di antaranya sebagai starter. Selama sebulan terakhir di MLS, dia tampaknya telah menemukan pijakannya.

Dia mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 atas Inter Miami pada 10 September dan menambahkan satu gol lagi dalam kekalahan 3-2 dari Charlotte satu minggu kemudian.

Kemudian, setelah memainkan dua caps pertamanya untuk Kolombia dalam sepasang kemenangan persahabatan, dia kembali mencetak dua gol melawan FC Cincinnati di minggu-minggu terakhir musim.

Dia menyelesaikan musim dengan delapan gol dalam 1363 menit untuk menjadikannya pencetak gol utama Fire.

Dia juga memberikan tiga assist, memberinya kontribusi gol terbanyak kedua di tim di belakang Shaqiri, meski menjadi starter kurang dari setengah pertandingan klub.

Hal pertama yang mengejutkan Anda tentang Duran adalah posturnya. Berdiri setinggi 185cm, Duran terlihat menjulang tinggi di atas lawannya sejak dirinya berusia 15 tahun dan sudah lama memiliki kekuatan untuk bermain jauh di atas usianya sendiri.

“Dia adalah pemain yang begitu dia mendapatkan semuanya, dia bisa menjadi pemain yang sangat spesial,” kata Pelatih Chicago Fire, Ezra Hendrickson. "Dia memiliki semua kemampuan."

Duran bukanlah target man yang sederhana. Dia memiliki kecepatan dan nyaman membawa pemain dalam transisi. Dia memiliki kecepatan untuk mengalahkan pemain, yang menjelaskan mengapa dia menjadi pemain sayap di usia muda, dan kekuatan untuk mengalahkan bek jika mereka mengejar ketinggalan.

Kemudian ada sentuhannya, yang ditampilkan sepenuhnya dalam penyelesaian chip-nya melawan FC Cincinnati. Tekniknya ada dan begitu juga ketenangan di depan gawang.

Ada juga ancaman tambahan ketika dia berhadapan dengan bola mati, di mana Duran terbukti menjadi ancaman dari situasi bola mati musim ini.

Mungkin hal terbesar yang menahan Duran adalah kurangnya pengalaman. Dia masih benar-benar baru dalam permainan profesional dan masih banyak belajar apa yang diperlukan untuk menjadi seorang striker level atas.

Duran memang memiliki sedikit masalah dengan disiplin musim ini dengan mendapatkan enam kartu kuning. Selain itu, dia dikeluarkan dari lapangan karena dua kali mendapat kartu kuning melawan New York Red Bulls pada April.

Dalam hal profesionalisme, Hendrickson mengatakan Duran butuh waktu untuk mempelajari apa yang diharapkan darinya setiap hari.

“Kami tidak bisa hanya menempatkan pemain di lapangan kecuali mereka menunjukkannya dalam pelatihan,” katanya selama musim panas.

“Sudah lama Duran mengejar kecepatan permainannya di sesi latihan. Jadi, dia sedikit kesulitan saat latihan, hanya menjaga fokus, hanya berada di sana secara mental dalam permainan, bermain dalam konsep tim. Begitu juga menahannya di luar lapangan."

Di luar lapangan, Duran juga bisa menggunakan pelatihan dari media sosial. Pada Agustus, saat melakukan tanya jawab dengan penggemar, Duran mengatakan bahwa dia akan meninggalkan klub jika dia bisa, sebelum membalas komentarnya dengan permintaan maaf tak lama setelahnya.

"Saya memiliki kontrak hingga 2024 dan saya akan terus bekerja keras dengan cara yang sama sejak saya tiba di sini," katanya awal bulan ini.

"Sepanjang musim, saya telah bekerja keras. Ada beberapa masalah di luar lapangan, tetapi kami bisa mengatasinya. Kami mengatasi semua masalah dan saya sangat senang di sini. Jika saya di sini musim depan, saya akan terus bekerja keras dan berharap hal-hal baik akan datang."

Perbandingan yang paling sering dilontarkan dengan Duran adalah perbandingan yang besar. Dia sering digambarkan sebagai Romelu Lukaku muda, yang bukan merupakan pujian kecil mengingat perawakan pemain Belgia itu dalam permainan.

Seperti Lukaku, Duran memiliki ukuran yang menggertak pemain bertahan dan juga kecepatan untuk mengalahkan mereka. Seperti Lukaku, Duran sangat nyaman dalam menguasai bola, dengan banyak orang yang menonton begitu sibuk dengan bakat fisiknya, sehingga mereka tidak menyadari kemampuan teknisnya.

Namun, perbandingan itu agak sederhana, karena pada dasarnya setiap striker muda yang besar dibandingkan dengan bintang Inter itu.

Mungkin perbandingan yang lebih tepat saat ini adalah pemain Liverpool, Darwin Nunez, yang menjadi striker muda lain yang diberkati dengan ukuran, kekuatan, dan teknik. Namun, seperti Duran, Nunez juga merupakan pemain yang sangat menyesuaikan diri dengan kehidupan di puncak, dan disiplin diperlukan untuk berhasil di level itu.

Dengan kata lain, jika Duran bisa mencapai level salah satu dari keduanya, dia akan melakukannya dengan cukup baik untuk dirinya sendiri.

Seperti yang disinggung Duran, belum tentu dia akan kembali ke Chicago tahun depan. Klub-klub besar tampaknya masih mengendus-endus, dan mengingat komentar media sosialnya, wajar untuk mengatakan bahwa dia tertarik untuk pindah jika ada kesempatan.

Dia baru-baru ini dikaitkan dengan Liverpool dan Chelsea, meskipun akan membutuhkan biaya yang cukup besar untuk melepaskannya dari Chicago mengingat dia masih terikat kontrak selama dua musim lagi.

Liverpool dilaporkan telah mengirim pencari bakat yang sama, seperti saat mengumpulkan informasi tentang Luis Diaz. Sementara klub-klub seperti Lille, Eintracht Frankfurt, dan PSV juga disebut-sebut sebagai kemungkinan tempat berlabuh di Eropa.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network