8 Catatan Karier Impresif John Terry Bersama Chelsea

"Penggemar Chelsea tidak akan mungkin melupakan jasa John Terry."

Biografi | 02 November 2022, 19:44
8 Catatan Karier Impresif John Terry Bersama Chelsea

Libero.id - Chelsea pernah memiliki bek dan kapten tim dengan kualitas seperti John Terry. Selama bertahun-tahun, JT jadi pemain paling berpengaruh di ruang ganti The Blues

John Terry bergabung dengan Chelsea saat berusia 14 tahun pada 1995 dan melakukan debut tim utama tiga tahun kemudian. Bek tengah itu mulai memantapkan dirinya di Stamford Bridge setelah pergantian milenium dan kemudian memimpin klub melalui periode paling sukses dalam sejarahnya.

Bersama Frank Lampard dan Didier Drogba, John Terry menjadi bagian dari generasi sukses Chelsea yang mendapatkan berbagai piala bergengsi di lapangan hijau. Baik di Inggris maupun Eropa.

Untuk mengenang kejayaan John Terry di sepakbola, berikut ini adalah 8 momen penting di Chelsea:

1. Debut profesional

Dan Petrescu digantikan saat Chelsea memimpin 4-1 melawan Aston Villa di Piala Liga Inggris oleh lulusan akademi berusia 17 tahun. Pemain Rumania itu memang kurang berkesan di mata Gianluca Vialli. Dan, sepertinya legenda Italia itu sadar telah menemukan calon bintang The Blues dalam diri John Terry.

2. Gol pertama

Gol pertama John Terry dicetak pada 20 Februari 2000 lewat tandukan memanfaatkan sepak pojok Gianfranco Zola. Itu membawa pulang kemenangan 5-0 atas Gillingham di Piala FA. Gol itu menjadi pemandangan yang biasa bagi para penggemar Chelsea selama 19 tahun berikutnya. Dia kemudian mencetak 41 gol Liga Premier.

3. Pemain terbaik klub

Chelsea memenangkan Piala FA 1999/2000, meski John Terry adalah pemain pengganti yang tidak digunakan di final. Selanjutnya, John Terry membuat 26 penampilan dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Klub. Dia mengalahkan orang-orang seperti Marcel Desailly, Jimmy Floyd Hasselbaink, dan Gianfranco Zola.

4. Pertama kali jadi kapten

Pada musim 2001/2002 Claudio Ranieri menjadi pelatih. Pria Italia itu kemudian menunjuk John Terry menjadi kapten The Blues untuk pertama kalinya dalam pertandingan Piala Liga Inggris melawan Charlton Athletic.

5. Menjadi kapten permanen

Meski Jose Mourinho memiliki kekayaan skuad, salah satu tindakan pertamanya adalah adalah untuk mengukuhkan John Terry sebagai kapten secara permanen. Ini akan menjadi awal dari musim terbaik sang bek tengah saat memimpin Chelsea meraih gelar pertama dalam 50 tahun. The Blues hanya kebobolan 15 gol dalam 38 pertandingan. Itu tetap menjadi rekor hingga saat ini.

6. Sejarah di Wembley

Saat Wembley dibuka kembali pada 2007, John Terry sudah terbiasa dengan kesuksesan. Sudah sepantasnya dia menjadi salah satu tokoh dominan di sepakbola Inggris. Dia mencetak gol pertama di Wembley. Dia juga menjadi kapten pertama Chelsea yang mengangkat Piala FA di Wembley.

7. Gelar ganda

Hanya delapan klub dalam sejarah sepakbola Inggris yang memenangkan Liga Premier dan Piala FA di musim yang sama. Chelsea berhasil meraihnya pada 2009/2010 ketika John Terry membuat 52 penampilan di semua kompetisi.

8. Membuat sejarah Liga Champions

John Terry memang melewatkan final Liga Champions 2011/2012. Tapi, kemenangan yang diilhami Didier Drogba menjadi puncak periode terhebat Chelsea sepanjang masa.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network