Kisah Weston McKennie, Bintang AS Abaikan "Football" demi "Soccer"

"Jika bugar, dia bakal jadi andalan AS di Piala Dunia 2022."

Biografi | 05 November 2022, 16:04
Kisah Weston McKennie, Bintang AS Abaikan "Football" demi "Soccer"

Libero.id - Weston McKennie bakal menjadi salah satu pemain Amerika Serikat (AS) yang akan menjadi andalan saat Piala Dunia 2022 berakhir. Kolaborasi pemain Juventus itu dengan rekan-rekannya sesama pemain muda AS akan sangat menarik.

Sebagai pemain, pemuda berusia 24 tahun itu punya perjalanan hidup yang cukup berat. Sebelum kini bermain di Juventus dengan status pinjaman dari Schalke 04, Weston McKennie harus melalui berjalanan panjang dan berliku untuk menentukan memilik "football" atau "soccer".

Football dalam terminologi Amerika adalah permainn modifikasi rugby atau yang biasa dikenal sebagai NFL (National Football League). Sementara soccer adalah nama Amerika untuk sepakbola yang berada dalam naungan FIFA.

Di kampung halamannya, Weston McKennie sebenarnya lebih sering menyaksikan football daripada soccer. Itu wajar karena NFL jauh lebih populer selain basket dan bisbol. Sangat jarang orang yang memainkan soccer atau menyaksikan pertandingan MLS.

"Saya mulai dengan bermain sepakbola Amerika (football). Usia paling awal yang saya ingat adalah empat tahun," ujar Weston McKennie di situs resmi Bundesliga beberapa waktu lalu.

"Kemudian, saya pindah ke Jerman dan saya tidak dapat menemukan liga atau apa pun yang sama dengan sepakbola Amerika untuk kelompok usia saya pada waktu itu. Jadi, saya mengambil sepakbola (soccer)," beber Weston McKennie soal alasan memainkan sepakbola ala FIFA, bukan sepakbola ala NFL.

Weston McKennie lahir di Fort Lewis, Washington. Pada usia 6 tahun, ayahnya pindah ke Jerman mengikuti tugas sebagai personel Angkatan Udara Amerika Serikat.

Setelah mengasah kemampuan di Eropa, Weston McKennie terus bermain ketika keluarganya kembali ke Amerika Serikat. Kemudian, dia sempat kembali ke Negeri Paman Sam untuk menimba ilmu di Akademi FC Dallas. Dari sanalah Weston McKennie mulai berpikir menjadikan sepakbola profesi tetap.

Weston McKennie baru kembali ke Jerman ketika menerima tawaran Schalke 04. Di sana, dia tampil mengesankan. Kemudian, panggilan tim nasional datang. Selanjutnya, Juventus meminang.

Kini, di musim ketiganya bersama La Vecchia Signora, Weston McKennie sedang fokus mengatasi cederanya demi tampil di Piala Dunia 2022. Kondisi semakin membaik dari hari ke hari. Dirinya tidak tahu pasti apakah akan masuk ke dalam skuad atau tidak. Tapi, jika melihat kondisi, kemungkinan Weston McKennie akan terbang ke Qatar.

Di Piala Dunia 2022, AS akan bermain menghadapi Inggris, Wales, dan Iran. Jika melihat kualitas lawan maupun materi yang dimiliki AS, peluang lolos ke babak 16 besar terbentang luas di depan mata.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network