Wawancara Felix Sanchez: Ingin Cetak Sejarah Bersama Qatar

"Tuan rumah tidak boleh tampil mengecewakan, bukan?"

Biografi | 05 November 2022, 17:20
Wawancara Felix Sanchez: Ingin Cetak Sejarah Bersama Qatar

Libero.id - Tampil di Piala Dunia tak hanya menjadi idaman para pesepakbola di seluruh dunia. Ajang sepakbola paling bergengsi itu juga menjadi para pelatih. Contohnya, Felix Sanchez, nakhoda tuan rumah Piala Dunia 2022.

Pelatih asal Spanyol itu telah sukses memimpin Qatar berada di peringkat 50 FIFA. Sebelumnya, dia membawa Qatar menjuarai Piala Asia 2019. Dan, kini, pada Piala Dunia 2022, Felix Sanchez bertekad mencetak sejarah baru bersama generasi emas sepakbola Qatar.

Tentu saja, ini bukan pekerjaan mudah. Pasalnya, sebagai tuan rumah, Qatar merupakan satu-satunya tim debutan di antara 32 peserta. Mereka juga telah menghabiskan 12 tahun untuk mempersiapkan turnamen ini.

Nah, berikut ini petikan wawancara Felix Sanchez dengan Marca terkait persiapan Qatar menghadapi Piala Dunia 2022:

Piala Dunia dimulai dalam hitungan hari dengan pertandingan Qatar melawan Ekuador. Apakah anda menantikan peluit wasit?

Kami telah bekerja selama bertahun-tahun dan sekarang kami melihatnya begitu dekat dan kami menantikan hari itu. Tapi, hari-hari yang tersisa ini juga penting untuk menyelesaikan persiapan tim dan mencapai versi terbaik kami.

Bagaimana anda menangani tekanan tambahan menjadi tuan rumah?

Kami memiliki program persiapan yang baik, mengingat kami adalah Qatar, negara kecil dengan sedikit pengalaman, dengan pemain yang selalu bermain di Qatar, di liga kecil.

Mampu memberi mereka pengalaman internasional ini dengan bermain turnamen seperti Piala Emas CONCACAF atau Copa America, serta pertandingan persahabatan, telah mempersiapkan kami, meski tidak akan pernah skenario yang sama atau situasi yang sama.

Kami mencoba menjaga normalitas. Kami sudah tahu bahwa ada tekanan itu, dan kami tidak memilikinya. Kami memiliki rutinitas kami. Kami mencoba untuk mengisolasi diri dari kebisingan di sekitar kami, dan fokus untuk mendapatkan performa terbaik kami.

Sulit karena kemudian anda pergi ke lapangan, anda melihat 60.000 orang. Ini adalah pertandingan Piala Dunia pertama dan ada begitu banyak harapan yang sulit, tetapi pengalaman itu akan membantu mereka.

Apakah realistis untuk berpikir bahwa Qatar dapat melakukannya dengan baik di Piala Dunia?

Saya tidak berbicara tentang Qatar yang memenangkan Piala Dunia 2022. Tapi, bersaing di level yang baik melawan ketiga tim itu adalah tantangan kami. Ini adalah sepakbola. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi.

Apa kekuatan utama Qatar?

Pada level ini ada banyak perbedaan fisik dengan tim lain. Kami memiliki pemain berbakat, kami mencoba bermain sebagai satu kesatuan dan dalam serangan balik kami bisa berbahaya. Bahwa melawan lawan di level ini sangat sulit untuk mengambil inisiatif dan kami harus beradaptasi. Itulah kenyataan.

Adalah bunuh diri untuk mencoba mengambil inisiatif jika kami ingin menjadi kompetitif. Kami mencoba kompak dalam bertahan, memungkinkan peluang minimum dan menjadi kuat dalam transisi.

Qatar memulai dengan Ekuador. Lalu, Senegal. Akhirnya, Belanda. Apa yang anda pikirkan saat melihat undian?

Saya pikir 'Kami telah ditarik ke grup yang sangat sulit'. Tapi, tentu saja, kemudian anda melihat semua grup dan berkata pada diri sendiri 'Yah, dengan grup mana pun kami akan mengatakan hal serupa'. Itu bisa saja terjadi lebih kuat atau lebih lemah. Tapi, itulah grup tempat kami berada. Itu sangat sulit bagi Qatar.

Ekuador bagi banyak orang adalah tim yang tidak dikenal. Di Amerika Selatan mereka membuat sensasi setelah Brasil dan Argentina. Mereka memiliki pemain generasi baru dan telah menciptakan grup yang sangat kompetitif, tim yang sedang naik daun.

Para pemain yang tidak bermain di Eropa akan lebih segar secara fisik. Mereka akan memiliki 20-25 pertandingan dibandingkan dengan 50-55 dalam satu musim. Bisakah ini menjadi faktor penentu?

Saya kira begitu. Dari segi performa dan tontonan, mereka akan tiba di waktu terbaik tahun ini. Di Piala Dunia di akhir musim ada pemain yang, jika mereka melaju jauh di kompetisi seperti Liga Champions, akan kelelahan fisik dan mental.

Ini akan membuat perbedaan besar. Para pemain akan datang dengan segar dan ini akan meningkatkan kualitas pertandingan. Penonton akan lebih menikmatinya.

Untuk Qatar, 70-75 persen dari skuad adalah pemain yang dilatih di Aspire Academy, yang dimulai pada 2006 dengan basis 800 anak Qatar..

Saya bekerja selama bertahun-tahun di Aspire Academy. Akademi dan Asosiasi Sepakbola Qatar (QFA) berjalan beriringan. Pusat pelatihan kami hanyalah bagian lain dari Aspire Academy.

Aspire Academy telah berjalan selama 16 tahun sekarang. Ini adalah proyek jangka panjang yang sangat sukses. Dalam sepakbola, biasanya tidak ada kesabaran untuk mempertahankan proyek. Ini adalah salah satu bagian dari kesuksesan terbesar kami.

Tanpa proyek ini kami tidak akan dapat memberikan pelatihan kepada para pemain sejak usia muda.

Anda telah tinggal di Qatar selama 16 tahun, suasana seperti apa yang anda harapkan selama Piala Dunia? Apa yang akan anda katakan kepada para penggemar yang akan datang?

Akan ada atmosfer sepakbola, karena semuanya akan ada di kota. Saya akan memberitahu mereka untuk menikmati Piala Dunia dan Qatar. Kebanyakan dari mereka akan mengenal negara baru, kota baru, dan suasana baru. Budaya.

Banyak kali orang pergi ke tempat-tempat dengan prasangka. Tapi, saya berharap, ketika orang datang, mereka akan melihat realitas negara dan merasa nyaman. Orang Qatar sangat ramah. Mereka suka orang dari luar negeri datang dan merasa nyaman. Mereka akan menikmati diri mereka sendiri di dalam dan luar lapangan.

Siapa favorit anda untuk memenangkan Piala Dunia 2022?

Saya melihat banyak tim yang sangat kuat. Brasil selalu menjadi favorit. Argentina sedang melalui masa yang hebat. Spanyol adalah kandidat seperti biasa. Saya sangat menyukai ide sepakbola Luis Enrique. Dia memiliki banyak kualitas dan variasi. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network