Momen Sportivitas di Liga Rumania ini Layak Dapat FIFA Fair play Award

"Kemanusiaan lebih penting dari skor pertandingan. Cek videonya.."

Viral | 15 November 2022, 00:59
Momen Sportivitas di Liga Rumania ini Layak Dapat FIFA Fair play Award

Libero.id - Cerita sportivitas di pertandingan sepakbola kembali terjadi. Kali ini di kompetisi Rumania saat Sepsi OSK melawan Petrolul Ploiesti, akhir pekan lalu. Seorang pemain dengan sengaja tidak ingin mencetak gol setelah melihat kiper lawan mengalami cedera. Salut!

Pada pertandingan terbaru Liga 1 Rumania, Sepsi OSK menjamu Petrolul Ploiesti. Tim tuan rumah memimpin lebih awal ketika Mario Rondon membukukan gol pembuka pada menit 16.

Beberapa saat kemudian, Cosmin Matei memiliki peluang emas untuk menggandakan keunggulan timnya di penghujung babak pertama. Rekannya mengirimkan bola lambung. Lalu, kiper Petrolul Ploiesti, Oktavianus Valceanu, yang berusaha menjangkau bola, bertabrakan di dalam kotak penalti.

Dengan kiper lawan yang tergeletak dan gawang yang kosong, Cosmin Matei punya 99 persen peluang untuk menjebol jala Petrolul Ploiesti sekaligus membuat skor 2-0.

Namun, pemain berusia 31 tahun itu memutuskan hal yang mengejutkan. Dia memilih membuang bola, meski peluang mencetak gol sangat besar. Melihat Oktavianus Valceanu jatuh kesakitan, Cosmin Matei menendang bola keluar dari permainan untuk memberi kesempatan tim medis masuk. 

Oktavianus Valceanu akhirnya terselamatkan setelah mendapatkan pertolongan tim medis. Tapi, Sepsi OSK gagal menambah gol.

Hebatnya, atas aksi yang dilakukan, Cosmin Matei kebanjiran pujian. Dia dipuji pundit Rumania di acara Football Club Digi Sport. "Gerakan yang sangat bagus. Itu luar biasa. Sangat keren apa yang dia lakukan," kata Narcis Raducan. Pundit lainnya, Helmuth Duckadam, berkomentar: "Jarang, jarang sekali anda melihat gestur seperti itu. Saya tidak percaya". 

Keputusan Cosmin Matei untuk mengeluarkan bola dari lapangan ternyata mendapatkn balasan setimpal. Pasalnya, beberapa menit kemudian, Sepsi OSK mendapatkan gol kedua untuk membuat skor akhir 2-0.

"Itulah yang saya rasakan. Itu adalah keputusan saya, dan saya percaya bahwa sepakbola memberi penghargaan kepada anda, jika anda adil dengannya. Yang terpenting adalah kami menang," kata Cosmin Matei setelah pertandingan, kepada Digisport.

Kini, penggemar sepakbola Rumania menanti apakah FIFA akan memberikan penghargaan fair play layaknya Paolo di Canio atau tidak. Pada 2001, mantan striker Italia itu mendapatkan FIFA Fair Play Award setelah menolak mencetak gol gara-gara melihat kiper lawan cedera.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network