Lionel Scaloni Ingin Lionel Messi Main di Piala Dunia 2026, Mungkinkah?

"Empat tahun lagi, Lionel Messi berusia 39 tahun.."

Analisis | 15 November 2022, 03:00
Lionel Scaloni Ingin Lionel Messi Main di Piala Dunia 2026, Mungkinkah?

Libero.id - Beda dengan Lionel Messi yang menganggap Piala Dunia 2022 sebagai yang terakhir, pelatih tim nasional Argentina, Lionel Scaloni, punya pendapat lain. Dia masih berharap La Pulga bisa bermain di Piala Dunia 2026, meski di usia 39 tahun, untuk membuat sejarah.

Argentina punya modal yang bagus, menuju ke turnamen sebagai kuda hitam dengan catatan 35 pertandingan tak terkalahkan.

Menurut Lionel Scaloni, melihat Lionel Messi bermain di ajang yang sama empat tahun lagi adalah hal yang sulit. Tapi, dia merasa hal tersebut tidak menutup kemungkinan. Apalagi, Lionel Messi masih dalam kondisi sehat dengan motivasi yang tidak pernah berkurang.

"Semoga ini bukan Piala Dunia terakhir Messi. Jika kita merawatnya dan membawanya dengan cara yang kita harus membawanya, mungkin ada lebih banyak pertandingan darinya karena dunia sepakbola mengharapkan itu," kata Lionel Scaloni kepada CNN Radio.

Beda dengan masa lalu, usia pensiun pemain sepakbola pada masa sekarang cemderung lebih tua. Catatan menunjukkan, pemain-pemain seperti Cristiano Ronaldo masih bisa bermain di level elite pada usia 37 tahun. Bahkan, Zlatan Ibrahimovic sudah berusia 40-an tahun.

Ini berbeda dengan pemain-pemain masa lalu yang sudah menurun di usia 31, 32, 33 tahun, sebelum akhirnya pensiun. Hanya ada sedikit pemain yang bertahan di atas usia 35 tahun. Contohnya, Francesco Totti.

"Dia (Lionel Messi) masih memberi kebahagiaan banyak orang dengan penampilannya di sepakbola. Jadi, mengapa kita berharap dia pensiun dalam waktu dekat? Mengapa kita tidak berharap dia bermain lagi empat tahun ke depan," ujar Lonel Scaloni.

Jika Lionel Messi bisa tampil di Piala Dunia 2026, rekor baru akan dicatatkan. Itu berarti dirinya menjadi pemain yang merumput di enam Piala Dunia. 

Hal itu tidak sepenuhnya mustahil melihat Lionel Messi bermain di Amerika Utara. Sebab, meski pemain berusia 35 tahun itu sempat menyatakan pensiun dari sepakbola internasional setelah kalah di final Copa America Centenario, ternyata Lionel Messi memilih kembali beberapa tahun kemudian.

Lionel Messi kembali ke ajang internasional, dan kemudian membawa Argentina menjuarai Copa America 2021. Jadi, tidak ada yang tidak mungkin di sepakbola, bukan?

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network