Pemain Ghana ini Absen di Piala Dunia 2022 Gara-gara Cedera Sepele, Jari Terkilir

"Cedera yang tidak penting, tapi bikin gagal ke Piala Dunia. Sial!"

Biografi | 16 November 2022, 09:05
Pemain Ghana ini Absen di Piala Dunia 2022 Gara-gara Cedera Sepele, Jari Terkilir

Libero.id - Bermain di Piala Dunia menjadi impian besar banyak pesepakbola di segala penjuru bumi. Tapi, bagaimana jika angan-angan itu harus sirna di depan mata gara-gara sebuah cedera sepele? Kiper Ghana, Jojo Wollacott, baru saja punya kisah unik sekaligus miris.

Bagi semua pemain, butuh perjuangan dan kerja keras untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022. Mereka harus menampilkan permainan yang bagus sepanjang musim untuk meyakinkan para pelatih tim nasional. Dan, ketika surat panggilan dilayangkan, para pemain akan bangga.

Sayangnya kebanggaan itu hanya sebentar dirasakan Jojo Wollacott. Penjaga gawang yang membela klub League One, Charlton Athletic, itu sebenarnya berada di trayek yang benar menuju Qatar. Tapi, cedera mengubah segalanya.

Jojo Wollacott semakin sedih karena cedera yang didapat sebenarnya sepele. Akhir pekan lalu, dalam pertandingan melawan Burton, kiper berusia 26 tahun itu melakukan pemanasan. Entah bagaimana bisa terjadi, fakta menunjukkan saat Jojo Wollacott akan menangkap bola, tangannya terkilir.

Meski sepele, Jojo Wollacott otomatis tidak mungkin pergi ke Piala Dunia 2022. Pasalnya, tangan adalah organ tubuh paling penting bagi pesepakbola yang berposisi sebagai penjaga gawang. Jika Jojo Wollacott adalah pemain lapangan, tentu saja cedera jari bukan hal besar.

Kabar buruk itu benar-benar disayangkan pelatih Ghana, Otto Addo. Pasalnya, Jojo Wollacott menjadi salah satu pemain dari lima skuad panggilannya yang bermain di kompetisi Inggris. Dan, dirinya selama ini dipercaya menjadi pilihan pertama di bawah mistar gawang The Black Stars.

Lima pemain dari Inggris lain yang dimasukkan ke skuad Piala Dunia 2022 adalah gelandang ArsenalThomas Partey. Lalu, bek sayap Brighton and Hove Albion, Tariq Lamptey, bek tengah Leicester City, Daniel Amartey, bek Southampton, Mohamed Salisu, dan penyerang Crystal Palace, Jordan Ayew.

Terdapat juga mantan pemain Spanyol, Inaki Williams, yang beralih kesetiaan dan melakukan debut dengan Ghana dalam kekalahan dari Brasil pada September 2022.

Ghana adalah tim dengan peringkat terendah di turnamen dan akan menghadapi Portugal, Korea Selatan, serta Uruguay di Grup H. Tim Afrika Barat mencapai perempat final pada Piala Dunia 2010, ketika dikalahkan Uruguay melalui adu penalti dalam pertandingan yang kontroversial. Mereka tersingkir lebih awal pada Piala Dunia 2014.

Kini, absennya Jojo Wollacott memunculkan kekhawatiran bagiOtto Addo. Pasalnya, sang kiper memiliki sejumlah pengalaman bermain yang bisa diandalkan.

Bukan hanya Jojo Wollacott, cedera Richard Ofori juga menambah pekerjaan berat Otto Addo. Dia sekarang harus memilih antara kiper KAS Eupen, Abdul Manaf Nurudeen, Lawrence Ati-Zigi dari St Gallen, atau Danlad Ibrahim dari klub domestik Asante Kotoko.

Otto Addo juga telah mencoret gelandang Crystal Palace, Jeffrey Schlupp, dan penyerang Cremonese, Felix Afena-Gyan, karena cedera. Sementara Mubarak Wakaso, Joseph Paintsil, dan Idrissu Baba adalah nama penting lainnya yang dihilangkan dari skuad.

Ghana bakal menghadapi Swiss dalam pertandingan persahabatan di Abu Dhabi, Kamis (17/11/2022, dan memulai kampanye Grup H melawan Portugal pada Kamis (24/11/2022).

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network