Inggris dan Irlandia Ajukan Diri Sebagai Tuan Rumah, Stadion Anfield dan Emirates Tak Masuk Venue, Kenapa?

"Setidaknya ada 14 stadion yang diusulkan kepada UEFA..."

Berita | 17 November 2022, 10:11
Inggris dan Irlandia Ajukan Diri Sebagai Tuan Rumah, Stadion Anfield dan Emirates Tak Masuk Venue, Kenapa?

Libero.id - Inggris dan Irlandia telah mengajukan tawaran mereka untuk menjadi tuan rumah Euro 2028, dengan Anfield dan Stadion Emirates tidak bakal digunakan sebagai venue utama.

Sementara Euro 2020 menampilkan seluruh grup kompetisi yang diadakan di Inggris dan Skotlandia, serta banyak pertandingan sistem gugur, termasuk semi final dan final, adalah sesuatu yang baru sejak Euro 1996.

Inggris dan Irlandia sebenarnya ingin mencoba menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2030 tetapi FA memutuskan untuk fokus pada Euro dua tahun sebelumnya.

Awalnya diharapkan tawaran tersebut akan cukup mudah untuk dimenangkan, karena dianggap tidak akan dilawan UEFA, yang berarti akan ada sedikit masalah dengan pemungutan suara.

Namun, Turki rupanya memiliki minat yang sama tetapi mereka mengajukan diri untuk tahun 2032.

FA dari Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, Wales dan Irlandia kini telah mengajukan tawaran mereka ke badan sepak bola Eropa, dan memasukkan daftar stadion yang berpotensi menjadi tuan rumah pertandingan.

"Konsep stadion kami mencakup daftar 14 tempat yang diusulkan di kota-kota olahraga terkenal yang dikenal di seluruh dunia, termasuk tujuan yang menjadi rumah bagi klub-klub dengan sejarah dan warisan sepak bola Eropa yang hebat," kata FA dalam sebuah pernyataan.

"Rencana tersebut memastikan bahwa semua kota dan stadion yang kami usulkan terhubung melalui jaringan dan akomodasi perjalanan langsung, cepat dan berkelanjutan yang akan memberikan pengalaman tak tertandingi bagi tim dan penggemar."

Kota dan stadion terpilih yang diusulkan adalah:

1. Birmingham - Villa Park

2. Liverpool - Stadion Everton

3. London - Stadion London

4. London - Stadion Tottenham Hotspur

5. London - Stadion Wembley

6. Manchester - Stadion  City of Manchester Stadium

7. Newcastle - Taman St James

8. Sunderland - Stadium of Light

9.Trafford - Old Trafford

10. Dublin - Arena Dublin

11. Dublin - Taman Croke

12. Belfast - Stadion Casement Park

13. Glasgow - Taman Hampden

14. Cardiff - Stadion Nasional Wales

Itu berarti, seperti yang diperkirakan oleh laporan sebelumnya, baik Liverpool dan Arsenal sama-sama kehilangan kesempatan untuk bisa menawarkan home base mereka sebagai venue di Euro 2028.

Di ibu kota Inggris, rival Arsenal Tottenham lebih disukai, bersama dengan Stadion London West Ham, sebelumnya Stadion Olimpiade, dan tentu saja Wembley.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network