Aksi Berani Pemain Iran, Tolak Menyanyikan Lagu Kebangsaan

"Ini dilakukan saat melawan Inggris. Cek videonya.."

Viral | 21 November 2022, 20:23
Aksi Berani Pemain Iran, Tolak Menyanyikan Lagu Kebangsaan

Libero.id - Pertandingan perdana tim nasional Iran di Piala Dunia 2022 versus Inggris diwarnai aksi berani para pemain. Mengulang apa yang dilakukan saat pertandingan uji coba melawan Senegal, dua bulan lalu, Team Melli menolak menyanyikan Lagu Kebangsaan Republik Islam Iran

Iran datang ke Qatar dalam kondisi yang kurang bagus di dalam negeri. Ratusan orang meninggal di jalanan dan ribuan lain mendekam di penjara karena aksi represif aparat keamanan terhadap para demonstran.

Dalam beberapa bulan terakhir, berbagai kota di Iran dipenuhi massa yang turun ke jalan. Awalnya, memprotes kematian seorang remaja bernama Mahsa Amini dalam tahanan Polisi Syariah akibat tidak mengenakan jilbab dengan benar. Lalu, demonstrasi  berubah menjadi revolusi untuk menurunkan rezim yang berkuasa. 

Sejak awal, para pemain Iran sudah menunjukkan dukungan kepada massa demonstran. Mereka menyampaikan pesan-pesan di media sosial untuk mendukung perjuangan parlemen jalanan.

Tindakan para pemain direspons Asosiasi Sepakbola Iran (IRIFF) dengan keras. Mereka mengancam memulangkan pemain yang melakukan protes selama Piala Dunia 2022. Mereka juga mengancam dengan hukuman penjara sekembalinya pemain ke Teheran.

Tapi, hal itu tampaknya tidak membuat pemain takut. Terbukti, pada pertandingan perdana Piala Dunia 2022, mereka langsung beraksi. Semua pemain diam ketika lagu kebangsaan diperdengarkan. Ekspresi mereka datar seolah sedang berduka menyaksikan saudara-saudaranya merenggang nyawa di jalanan. 

Kamera televisi juga menyorot beberapa pendukung wanita Iran yang hadir di stadion meneteskan air mata.  

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network