Super Keren! Fans Jepang Bersihkan Stadion Setelah Pertandingan Piala Dunia 2022

"Orang Jepang tak pernah meninggalkan sampah. Salut!"

Viral | 22 November 2022, 13:07
Super Keren! Fans Jepang Bersihkan Stadion Setelah Pertandingan Piala Dunia 2022

Libero.id - Orang-orang Jepang sangat terkenal dengan kebersihannya. Belum lupa aksi para pemain Samurai Biru ketika meninggalkan ruang ganti stadion Piala Dunia 2018 dalam kadaan super bersih, kini Piala Dunia 2022 kembali terulang. Fans Jepang terlihat membersihkan stadion setelah laga pembukaan, Qatar vs Ekuador.

Terlepas dari tim mereka yang tidak bertanding dalam pertandingan Minggu (20/11/2022), sekelompok pendukung Jepang yang hadir di Al Bayt Stadium, mencuri perhatian. 

Warga lokal Qatar tercengang dengan aksi tak terduga itu. Kemudian, seorang penggemar merekam video tersebut, dan viral di berbagai platform media sosial ke seluruh dunia selama berhari-hari kemudian.

"Seseorang meyakinkan saya bahwa ini normal. Fans Jepang memutuskan untuk membersihkan stadion. Ini bahkan bukan pertandingan mereka!" kata Omar Farooq, yang terekam di kamera saat melihat para pendukung Jepang bersih-bersih stadion ketika semua orang telah pergi.

"Ketika saya bertanya kepada mereka, 'Mengapa anda membersihkan sesuatu yang tidak berhubungan dengan Anda?' Jawabannya adalah, 'Orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah. Kami menghormati tempat itu," lanjut Omar Farooq.

Kamera kemudian menyorot untuk menunjukkan lebih banyak penggemar Jepang yang tersebar di sekitar stadion melakukan hal yang sama. "Ini adalah hal yang saya dengar. Tapi, saya tidak pernah mengira ini nyata. Wow, semua orang menghargainya," kata Omar Farooq lebih lanjut.

Orang-orang Jepang pertama kali mendapatkan reputasi ini karena melakukan hal yang sama di Piala Dunia 2018. Saat itu, adegan serupa disaksikan. Bahkan, setelah kekalahan yang memilukan bagi Jepang.

Ketika Belgia bangkit dari ketertinggalan 0-2 untuk menang 3-2, negara itu putus asa karena sudah begitu dekat untuk mencapai perempat final. Tapi, para pemain Jepang berusaha meninggalkan ruang ganti dengan rapi. Bahkan, ada catatan bertuliskan "terima kasih" dalam bahasa Rusia.

Aksi itu meluas ke penggemar di tribun. Rekaman yang viral menunjukkan beberapa dari mereka terlihat mengambil sampah setelah pertandingan. Sekarang, empat tahun kemudian, mereka meneruskan warisan berkelas ini.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network