Sempat Sindir FIFA, Jan Vertonghen Akhirnya Bisa Main Lawan Kanada

"Lagi-lagi, ini terkait simbol pelangi.."

Viral | 24 November 2022, 02:06
Sempat Sindir FIFA, Jan Vertonghen Akhirnya Bisa Main Lawan Kanada

Libero.id - Piala Dunia 2022 seperti tidak berhenti diselimuti dengan kontroversi sejak ditunjuknya Qatar sebagai tuan rumah, 12 tahun lalu. Di antara isu-isu di luar lapangan yang menjadi berita utama, salah satu yang banyak dibicarakan adalah larangan bendera dan logo pelangi.

Kapten dari beberapa negara termasuk Belgia, telah merencanakan untuk memakai ban kapten bertuliskan "OneLove". Itu untuk mempromosikan inklusi dan mengirim pesan menentang segala bentuk diskriminasi di Qatar.

Namun, ancaman FIFA untuk memberikan sanksi kepada pemain mana pun yang memasuki lapangan dengan mengenakan ban kapten itu membuat gerakan tersebut dibatalkan. Pejabat FIFA telah mengatakan bahwa wasit akan diinstruksikan untuk memberikan hukuman kepada pemain yang mengabaikan arahan tersebut.

"Jika anda membuat pernyataan dengan mengenakan ban kapten, itu berarti menghukum diri anda sendiri. Saya tidak merasa nyaman dan itu sudah cukup menjelaskan," ujar Jan Vertonghen, dilansir Sky Sports.

Pemain berusia 35 tahun itu kemudian mengakui bahwa dia takut berbicara terlalu banyak karena takut kehilangan kesempatan untuk bermain di turnamen tersebut.

"Saya harap saya tidak harus berurusan dengan ini lagi. Saya khawatir jika saya mengatakan sesuatu tentang ini saya mungkin tidak bisa bermain, dan itu adalah situasi yang belum pernah saya alami dalam sepak bola, dan saya harap saya tidak akan pernah mengalaminya," kata Jan Vertonghen.

"Kami sedang dikendalikan. Saya tidak suka membuat pernyataan politik. Kami di sini hanya bermain sepakbola, dan jika kami bahkan tidak dapat melakukannya karena kami membuat pernyataan dan hanya mengatakan hal-hal normal, seperti 'tidak untuk diskriminasi' atau 'tidak untuk rasisme', dan anda tidak dapat mengatakan itu, maka hei, lalu apa?" tambah Jan Vertonghen.

"Saya seharusnya tidak mengatakan apa-apa tentang itu karena (pada hari Kamis) saya ingin tampil, jadi saya akan berhenti di situ dan itu sudah cukup," ucap Jan Vertonghen.

Setelah sempat cemas tidak akan bisa bermain, Jan Vertonghen akhirnya terlihat di lapangan saat Belgia menghadapi Kanada, Kamis (24/11/2022) dini hari WIB. Dia masuk starting line-up dalam formasi 3-4-3. Status kapten Belgia tidak diemban Jan Vertonghen, melainkan Eden Hazard.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network