Salut! Lagi-lagi, Suporter Jepang Bersihkan Stadion

"Aksi yang patut dicontoh..."

Berita | 24 November 2022, 09:57
Salut! Lagi-lagi, Suporter Jepang Bersihkan Stadion

Libero.id - Timnas Jepang memulai  Piala Dunia 2022 dengan kemenangan penting atas Timnas Jerman. Bermain di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11) malam WIB laga itu berkahir dengan skor 2-1 untuk Samurai Biru.

Tim besutan Hajime Moriyasu comeback denga dua gol dari Ritsu Doan (75') dan Takuma Asano (83') setelah sebelumnya tertinggal lebih dulu lewat penalti Ilkay Guendogan di menit 33.

Perjuangan Jepang di atas lapangan hijau menuai pujian dan bertambah lagi pujian itu ketika mereka menunjukkan kebiasaan baiknya di perhelatan internasional, yakni bersih-bersih. Jepang diketahui membersihkan ruang ganti yang mereka gunakan di laga melawan Jerman.

Aksi bersih-bersih tersebut bukan hanya dilakukan oleh Takuma Asano dan rekan-rekan tetapi juga oleh para suporter mereka yang datang jauh-jauh.

FIFA memberikan apresiasi lantaran suporter Jepang turut melakukan aksi bersih-bersih di  tribune stadion. Ketika yang lain langsung pergi meninggalkan lapangan tidak halnya dengan suporter Jepang.

"Tidak hanya tiga poin yang berhasil diperoleh Jepang. Para suporternya turut mengumpulkan sampah plastik dan botol yang berserakan di dalam stadion. #SaveThePlanet," tulis FIFA dalam cuitannya.

Aksi itu bukan untuk pertama kalinya, sebelumnya suporter Jepang juga terlihat tanpa pamrih memunguti sampah plastik ketika mereka hadir dalam laga pembuka Qatar melawan Ekuador.

Hal itu membuktikan bahwa aksi positif tersebut merupakan budaya Jepang yang mengutamakan kebersihan apalagi di ruang publik seperti stadion.


Selanjutnya Timnas Jepang bakal melawan Kosta Rika di Ahmad bin Ali Stadium. Laga ini akan dihelat pada Minggu (27/11) sore WIB. Tampaknya kita akan kembali melihat suporter Jepang yang bersih-bersih. Semoga aksi bersih-bersih itu bisa menginspirasi banyak pihak.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network