Tiru Shin Tae-yong di Piala AFF 2020, Kim Pan-gon Panggil Pemain Baru di Piala AFF 2022

"Bedanya di usia yang tak lagi muda.."

Analisis | 30 November 2022, 01:48
Tiru Shin Tae-yong di Piala AFF 2020, Kim Pan-gon Panggil Pemain Baru di Piala AFF 2022

Libero.id - Tim nasional Malaysia mengambil keputusan yang aneh menurut banyak orang. Menggunakan alasan bukan agenda FIFA dan regenerasi, Kim Pan-gon tidak diizinkan membawa pemain-pemain utama. Sebagai gantinya, pelatih asal Korea Selatan itu meniru Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 dengan percaya pada banyak muka baru.

Piala AFF 2022 akan dimulai pada 20 Desember 2022. Semua negara peserta sangat serius mempersiapkan diri. Mereka memanggil skuad terbaiknya.

Sayang, Malaysia justru mengambil langkah berbeda. Mereka tidak memanggil 12 pemain utama dari Johor Darul Ta'zim. Alasannya, Piala AFF 2022 bukan agenda FIFA. Selain itu, Malaysia hanya ingin fokus tampil di Piala Dunia atau Piala Asia. Ada pula isu regenerasi pemain muda dimunculkan.

"Kita bisa melihat pemain-pemain menjanjikan di beberapa tim liga yang bisa menjadi aset timnas. Jadi, ada baiknya mereka diseleksi masuk timnas dan menimba pengalaman internasional," ujar bek Johor Darul Ta'zim yang ikut dipanggil ke Piala AFF 2022, Shahrul Saad, dilansir New Strait Times.

"Saya pikir Kim Pan-gon mengenal para pemain, meski dia baru (sebagai pelatih tim nasional). Saya yakin dia bisa melakukan sesuatu untuk Malaysia di Piala AFF 2022," tambah pemain berusia 29 tahun itu.

Meski mengklaim sebagai renegenerasi, fakta menunjukkan hal sebaliknya. Pemain-pemain itu memang tidak banyak memiliki caps. Beberapa bahkan baru akan menjadi pertandingan internasional pertama bulan depan. Tapi, jika dilihat usia, hanya ada satu pemain berusia 19 tahun dan lima pemain berusia 21 tahun.

Fakta menunjukkan, dari 31 pemain yang ikut pemusatan latihan nasional, mayoritas berusia senior. Bahkan, ada enam pemain berusia di atas 30 tahun dan 11 pemain di atas usia 25 tahun.

Tentu saja, ini berbeda dengan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 ketika memanggil muka-muka baru minim pengalaman. Saat itu, 80 persen pemain Indonesia berusia 18, 19, 20, 21 tahun. Hanya ada beberapa pemain berusia di atas 25 tahun. Hasilnya, Indonesia menjadi runner-up.

Menurut gelandang Selangor yang juga dipanggil ke Piala AFF 2022, Mukhairi Ajmal Mahadi, pemanggilan wajah-wajah baru akan menciptakan persaingan sehat di antara para pemain nasional untuk memperebutkan tempat utama. Dia percaya Kim Pan-gon punya pertimbangan khusus.

"Saya bersyukur terpilih (untuk timnas). Saya bekerja keras agar Kim Pan-gon percaya pada saya," ucap Mukhairi Ajmal Mahadi.

Sebelum tampil di Piala AFF 2022, Kim Pan-gon akan mengajak para pemain untuk melakukan pertandingan pemanasan melawan Kamboja pada 9 Desember 2022 dan Maladewa (14 Desember 2022). Setelah laga itu, Malaysia akan mengumumkan skuad final yang terdiri dari 23 pemain.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network