Sejarah! Stephanie Frappart Bakal Jadi Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia Pria

"Stephanie Frappart bukan sosok asing di sepakbola Eropa."

Biografi | 01 December 2022, 16:41
Sejarah! Stephanie Frappart Bakal Jadi Wasit Wanita Pertama di Piala Dunia Pria

Libero.id - Sejarah akan tercipta saat tim nasional Jerman menghadapi Kosta Rika, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Untuk kali pertama di Piala Dunia pria, tim wasit wanita akan memimpin pertandingan. Mereka adalah Stephanie Frappart sebagai wasit utama, serta Neuza Back dan Karen Diaz sebagai asisten wasit.

FIFA selalu melakukan berbagai eksperimen dalam pertandingan-pertandingan sepakbola level dunia. Setelah menjadi Qatar tuan rumah, kini lembaga pimpinan Gianni Infantino tersebut memutuskan menunjuk wasit wanita.

Sosok yang beruntung bakal mencatat sejarah baru adalah Stephanie Frappart. Pengadil Prancis berusia 38 tahun itu akan melanjutkan karier di lapangan setelah beberapa hari lalu bertindak sebagai ofisial keempat laga Meksiko vs Polandia. Itu juga sejarah baru di Piala Dunia.

Keputusan FIFA menunjuk Stephanie Frappart tidak terlalu mengejutkan, meski ada juga Salima Mukansanga (Rwanda) dan Yoshimi Yamashita (Jepang). Rekam jejak Stephanie Frappart di lapangan hijau dan kepemimpinannya di lapangan menjadi pertimbangan utama Pierluigi Collina dari Komite Wasit FIFA.

Stephanie Frappart telah menuliskan namanya ke dalam buku-buku sejarah sepakbola setelah pada Maret 2021 menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Kualifikasi Piala Dunia. Saat itu, Belanda mengalahkan Latvia 2-0 di Amsterdam.

Beberapa bulan sebelumnya, pada Desember 2020, Stephanie Frappart menjadi ofisial wanita pertama yang memimpin pertandingan Liga Champions pria ketika Juventus mengalahkan Dynamo Kyiv 3-0 di Turin.

Stephanie Frappart juga menjadi wasit pertandingan Piala Super Eropa 2019, yang mempertemukan Liverpool dengan Chelsea. Dia juga menjadi wasit final Piala Dunia Wanita 2019 antara Amerika Serikat (AS) melawan Belanda.

Menjelang dimulainya Piala Dunia 2022, Stephanie Frappart sudah memiliki feeling. Dia mengatakan sangat berharap dimasukkan sebagai wasit wanita di Piala Dunia 2022. "Ini pertanda kuat dari FIFA dan pihak berwenang untuk memiliki wasit perempuan di turnamen," kata Stephanie Frappart beberapa minggu lalu.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network