Meski Jumpa Argentina, Louis van Gaal Sesumbar Belanda Bakal Juara Piala Dunia 2022

"Pertanyaannya, apakah mungkin Belanda juara?"

Analisis | 04 December 2022, 11:04
Meski Jumpa Argentina, Louis van Gaal Sesumbar Belanda Bakal Juara Piala Dunia 2022

Libero.id - Louis van Gaal senang melihat performa tim nasional Belanda selama Piala Dunia 2022. Dia yakin De Oranje berpeluang jadi juara, meski harus menghadapi Argentina di perempat final terlebih dulu.

Belanda kembali lagi ke Piala Dunia setelah sempat absen pada Piala Dunia 2018. Kegagalan itu menjadi titik nadir sepakbola Belanda. Apalagi, dua tahun sebelumnya, De Oranje juga tidak bisa mencapai putaran final Euro 2016 setelah kalah secara memalukan di fase kualifikasi.

Lalu, setelah gagal di babak 16 besar Euro 2020, Belanda memutuskan memanggil kembali pelatih veteran, Louis van Gaal. Mantan nakhoda Ajax Amsterdam dan Barcelona itu datang saat Belanda dalam posisi sulit menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kedatangan Louis van Gaal mengubah segalanya. Belanda berhasil lolos ke Piala Dunia sebagai juara grup selama fase kualifikasi. Kemudian, bergabung di Grup A bersama Qatar, Senegal, dan Ekuador. Meski tampil membosankan, Belanda mampu keluar sebagai juara grup.

Penampilan Belanda selanjutnya yang dinantikan banyak orang terjadi pada babak 16 besar. De Oranje mengalahkan Amerika Serikat 3-1 di Khalifa International Stadium, Doha, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. Kemenangan itu menghantarkan mereka bertemu Argentina di perempat final.

Dengan harus menyingkirkan Lionel Messi dkk dan kemungkinan bertemu Brasil di semifinal, Louis van Gaal ternyata sangat percaya diri. Dia sesumbar Piala Dunia 2022 akan menjadi milik De Oranje.

"Saya rasa kami punya peluang besar jadi juara di sini. Kami masih punya tiga laga. Saya sudah bicarakan ini selama setahun. Kami bisa jadi juara dunia. Bukan berarti pasti juara. Tapi, kami bisa," ujar Louis van Gaal, dilansir The Guardian.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, Belanda belum pernah juara. Pencapaian terbaik Negeri Kincir Angin hanya menjadi runner-up pada tiga kesempatan. Yang paling baru, mereka menjadi runner-up Piala Dunia 2010 ketika dikalahkan Spanyol melalui gol tunggal Andres Iniesta.

"Saya bicara soal ikatan emosional di antara pemain. Bagaimana kami bisa membangun tim terkuat dan bagaimana saya mendapatkan kepuasan dari para pemain. Tapi, tentu saja penampilan dan hasil kami yang bagus," pungkas Louis van Gaal.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network