Rapor 13 Pembelian Real Madrid Sejak Kepergian Cristiano Ronaldo

"Ada yang berhasil. Ada yang gagal total. Ada yang mengalami musim terburuk."

Analisis | 13 August 2020, 12:53
Rapor 13 Pembelian Real Madrid Sejak Kepergian Cristiano Ronaldo

Libero.id - Real Madrid mengakhiri musim 2019/20 dengan mengamankan gelar La Liga Santander. Itu artinya Zinedine Zidane pelan-pelan sukses mencapai target  utamanya.

Sukses juara ini banyak menuai pujian karena diraih setelah kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus. Namun, apakah semua pembelian Real Madrid pada era pasca Ronaldo adalah keberhasilan.

Tidak semuanya. Ada pula yang gagal. Sebanyak 474 juta euro telah dibelanjakan sepeninggal Ronaldo.

Banyak dari pemain-pemain muda yang telah berkontribusi, tetapi dalam kasus lain para pemain hampir tidak menunjukkan kontribusi apa-apa dan sebetulnya layak untuk dijual.

Ada Ferland Mendy yang tampil lumayan bagus. Didatangkan musim lalu, pesepakbola asal Prancis ini membuat Marcelo memiliki pesaing yang serius di bek kiri, sementara Fede Valverde juga tampil baik sejak kembali dari masa pinjamannya di Deportivo La Coruna.

Berikut, daftar sumbangsih pemain yang dibeli Madrid pasca Ronaldo hengkang, serta peran mereka terhadap perkembangan tim:

Ferland Mendy - Positif

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Seperti yang disinggung di atas, pesepakbola Prancis itu, boleh dibilang pembelian yang tak sia-sia. Dia tampil pada pertandingan terakhir musim ini di Manchester City dan menjadi kunci dalam meraih gelar. Dia menunjukkan layak atas banderol 48 juta euro yang dihabiskan Madrid untuk memakai jasanya.

Rodrygo - Pasang Surut

Rodrygo mengakhiri musim debutnya dengan positif secara keseluruhan, meski kata yang lebih tepat untuk menggambarkan permainannya, ialah pasang surut. Itu bisa dilihat saat ini Rodrygo belum menjadi pemain reguler yang siap masuk starting line up.

Namun Rodrygo sudah melalui banyak hal, dari memulai pertandingan Liga Champions yang menentukan di Galatasaray dan Manchester City hingga bermain dengan Castilla sebelum pertandingan pertama melawan tim Inggris dan Turki itu. Rodrygo ditebus dengan 45 juta euro dan telah mengakhiri musim pertamanya sebagai pencetak gol terbanyak urutan ketiga.

Eden Hazard - Musim Untuk Dilupakan

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Serangkaian cedera melanda musim pertamanya di Madrid setelah mendarat dengan harga 115 juta euro dari Chelsea. Sebetulnya Hazard diharapkan untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Cristiano Ronaldo, tetapi fans harus menunggu hingga musim depan untuk melihat apakah Hazard bisa berkontribusi lebih dalam menggantikan peran megabintang Portugal itu. Sejauh ini 22 pertandingannya dia mencetak satu gol dan memberikan tujuh assist.


Eder Militao - Masih Sangat Hijau

Mantan bek Porto ini pemain serba bisa di lini belakang, tetapi ia belum cukup berhasil saat mengisi posisi Sergio Ramos atau Raphael Varane. Militao perlu lebih banyak yang harus dilakukan untuk membuktikan kepantasan Madrid merogoh kocek 50 juta euro untuk jasanya. Dia masih harus terus berbenah.

Luka Jovic - Di Luar Harapan

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Mungkin kekecewaan terbesar dari semua pendatang baru Santiago Bernabeu adalah Luka Jovic. Dia adalah pemain yang berbeda sama sekali ketika melihatnya berseragam Eintracht Frankfurt, dan itulah yang sebenarnya mendorong Madrid untuk membayar 60 juta euro.

Bersama Real Madrid dia bermain 27 kali, mencetak 2 gol dan menambahkan 2 assist. Benar-benar di luar harapan, mengingat Jovic begitu gemilang dulunya.

Vinicius Junior - Butuh Pembuktian Lagi

Zidane belum terlalu mempercayainya sebagai pemain kunci dan dia mengalami stagnasi di musim keduanya, bahkan tampaknya berada di bawah Rodrygo dalam urutan performa dan mencetak gol. Vinicius mencetak 4 gol dan memberi 4 assist dalam 38 pertandingan, dan pada pertandingan terkahir, Vinicius benar-benar diabaikan saat pergi ke City ketika Madrid perlu mencetak gol.

Alvaro Odriozola - Sosok yang Terlupakan

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Dia pergi pada musim dingin untuk bergabung dengan Bayern Munich dengan status pinjaman, tetapi dia jarang tampil di sana dan raksasa Jerman itu tidak berencana untuk mempertahankan Odriozola. Dia akan kembali ke Madrid untuk bersaing dengan Dani Carvajal lagi, tetapi dia bermain hanya 5 kali sejak Januari dan memiliki 1 assist. Odriziola menghabiskan biaya 30 juta euro untuk Los Blancos.

Mariano Diaz - Gagal

Madrid memutuskan untuk mengaktifkan opsi pembelian mereka setelah Diaz tampil mengesankan di Lyon dan membawanya kembali seharga 21 juta euro. Namun keberuntungan tak datang dua kali, cedera yang dialaminya membuat Diaz tidak tampil banyak. Namun Diaz mencetak gol dalam penampilan pertamanya musim ini melawan Barcelona dan bermain 7 kali secara total. Dia masuk daftar jual.

Brahim Diaz - Seharusnya menjadi Pemain Masa Depan

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Kali ini adalah Diaz yang lain, Brahim Diaz, pemain dikontrak dari City seharga 17 juta euro. Dia belum memiliki kesempatan di musim penuh pertamanya. Dia mengumpulkan hanya 206 menit dalam 10 pertandingan, mencetak 1 gol dan 1 assist.

Andriy Lunin, Takefusa Kubo, Reinier

Sukses Martin Odegaard menjadi contoh untuk diikuti yang lain, yaitu Lunin, Kubo dan Reinier. Odegaard ditarik dari masa peminjaman di Sociedad karena tampil bagus.

Real Madrid menghabiskan 8,5 juta euro untuk pemain asal Ukraina, Lunin, sedangkan Kubo masuk gratis sebab didikan akademi dan Reinier seharga 30 juta euro.

Thibaut Courtois - Sukses Terbesar

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Pemain Belgia itu terbukti menjadi rekrutan hebat dengan harga 35 juta euro. Dia salah satu yang terbaik di dunia dan telah menemukan bentuknya setelah musim pertama yang sulit di mana dia bersaing untuk memperebutkan tempatnya bersama Keylor Navas.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network