Kocak! Dikira Piala Dunia 2022, Fans di Vietnam Terkecoh Game Online FIFA23

"Boleh percaya, boleh tidak. Faktanya, terjadi di Vietnam."

Viral | 09 December 2022, 01:07
Kocak! Dikira Piala Dunia 2022, Fans di Vietnam Terkecoh Game Online FIFA23

Libero.id - Fans yang berharap bisa menonton Piala Dunia 2022 melalui streaming gratis mencari cara untuk menyaksikan tim favoritnya bertanding. Sialnya, beberapa fans sepertinya menemukan video di YouTube yang tampaknya persis seperti yang mereka cari.

Namun, setelah diamati lebih dekat, ternyata rekaman tersebut sebenarnya adalah rekaman beresolusi rendah dari game populer FIFA23 dengan komentar Bahasa Vietnam yang digunakan untuk menambah keasliannya.

Menurut media Vietnam, VN Express, trik seperti itu sudah umum sejak Piala Dunia 2022 dimulai pada 20 November 2022.

Huy Hoang adalah salah satu korban penipuan yang malang ketika dia menemukan video YouTube yang tampaknya menunjukkan pertandingan Jepang vs Jerman. "Butuh beberapa menit bagi saya untuk menyadari bahwa konten itu palsu," ujar Huy Hoang.

"Baru setelah saya membaca komentar streaming langsung dan melihat lebih dekat dari wajah para pemain, saya menyadari bahwa itu adalah cuplikan dari video game FIFA 23," tambah Huy Hoang.

Beberapa streaming palsu bahkan telah mencapai 40.000 penonton. Ngoc Thanh, penonton lain yang tertipu, berkata: "Anda harus membaca dengan cermat sebelum anda menyadari bahwa itu hanyalah simulasi atau komentar pada pertandingan".

Video palsu tersebut dapat menghasilkan pendapatan ratusan dolar bagi pemilik saluran, menurut pembuat konten YouTube, Nguyen Huyen. Tulisan "Live" dan titik merah yang biasanya menandakan konten adalah siaran langsung menjadi resep dan kunci utama.

Beberapa video dan streaming langsung diunggah ke YouTube setiap pertandingan Piala Dunia 2022 yang dapat ditemukan melalui pencarian Google atau pencarian langsung di YouTube.

Khiem Vu, salah satu kreator konten digital, menjelaskan trik tersebut merupakan taktik umum dari beberapa grup. "Mereka mengeksploitasi acara besar dan populer untuk membuat streaming langsung, meski streaming tersebut tidak memiliki konten yang dibutuhkan pemirsa".

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Viral

Artikel Pilihan


Daun Media Network