Inilah Head to head Inggris vs Prancis di Turnamen Besar

"Siapa lebih unggul? Ini datanya.."

Analisis | 09 December 2022, 22:46
Inilah Head to head Inggris vs Prancis di Turnamen Besar

Libero.id - Penggemar sepakbola semakin bersemangat menjelang pertandingan besar Inggris melawan Prancis pada perempat final Piala Dunia 2022. Baik Gareth Southgate maupun Didier Deschamps percaya diri.

Sebagai negara bertetangga dan sama-sama anggota UEFA, pertemuan Inggris dan Prancis sudah menjadi kebiasaan. Ada banyak pertandingan yang melibatkan The Three Lions dan Les Bleus di berbagai ajang resmi maupun tidak resmi di berbagai level usia.

Beberapa pertandingan itu berlangsung dengan menarik di turnamen besar sekelas Piala Eropa atau Piala Dunia. Contohnya, 5 pertandingan berikut ini:

1. Piala Dunia 1966 (Wembley): Inggris vs Prancis 2-0

Sebuah gol di masing-masing babak dari Roger Hunt memastikan tim Alf Ramsey memuncaki grup dan mempertahankan keunggulan di fase knock-out. Roger Hunt menendang bola dari jarak dekat setelah Jack Charlton menyundul umpan silang Jimmy Greaves yang membentur tiang. Sundulan pemain Liverpool itu masuk ke gawang Marcel Aubour.

2. Piala Dunia 1982 (Bilbao): Inggris vs Prancis 3-1

Pertandingan Piala Dunia pertama Inggris dalam 12 tahun dimulai dengan gol cepat saat Bryan Robson mencuri bola di kotak penalti untuk mencetak gol. Itu hanya 27 detik sejak wasit memulai pertandingan.

Prancis menyamakan kedudukan melalui Gerard Soler. Tapi, Bryan Robson bangkit dengan menyambut umpan silang Trevor Francis untuk membuat Inggris kembali memimpin. Lalu, Paul Mariner melakukan tendangan voli untuk membuat skor akhir 3-1.

3. Euro 1992 (Malmo): Inggris vs Prancis 0-0

Stuart Pearce berada di pusat baik dan buruk. Dia tetap berdiri, meski Basile Boli membuka luka di pipi kanannya dan kemudian melakukan tendangan bebas ke mistar gawang. Itu menjadi momen terbaik Inggris dari pertemuan dengan Prancis saat itu.

4. Euro 2004 (Lisbon): Inggris vs Prancis 1-2

Tim asuhan Sven Goran Eriksson tampil luar biasa selama 90 menit. Tandukan Frank Lampard layak menjadi penentu kemenangan setelah Wayne Rooney menyiksa lini belakang Prancis.

Tapi, semua kerja keras itu dihancurkan dua gol Zinedine Zidane di injury time melalui tendangan bebas. Itu terjadi setelah pelanggaran Emile Heskey di luar kotak dan. Kemudian, gol penantu Prancis lewat penalti setelah back pass Steven Gerrard ke David James yang gagal.

5. Euro 2012 (Donetsk): Inggris vs Prancis 1-1

Roy Hodgson ditunjuk menjadi pelatih Inggris beberapa minggu sebelumnya setelah pengunduran diri Fabio Capello dan ekspektasi Inggris rendah. Tapi, pendekatan militer ala Roy Hodgson dengan skema 4-4-2 mendapatkan hasil imbang yang layak di Donbass Arena, Donetsk.

Kini, 10 tahun berlalu, stadion mewah tempat pertandingan itu hancur lebur akibat perang yang tak kunjung usai.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network