2 Jam Setelah Brasil Dikalahkan Kroasia, Tite Mundur

"Salah satu pelatih yang cukup berhasil membawa timnas Brasil meraih gelar..."

Berita | 10 December 2022, 16:04
2 Jam Setelah Brasil Dikalahkan Kroasia, Tite Mundur

Libero.id - Pelatih timnas Brasil, Tite memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai pelatih tim samba 2 jam setelah kekalahan anak asuhnya dari timnas Kroasia.

Kemunduran pria bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi dari jabatan pelatih timnas Brasil adalah tidak lain karena dia mengakui bahwa siklusnya sudah berakhir.

Pelatih berusia 61 tahun itu memang tercatat telah menangani tim samba selama enam tahun. Dan kini, kekalahan anak asuhnya di tim nasional dari Kroasia membuatnya harus berhenti sebagai pelatih Brasil.

Brasil harus menerima nasib pulang lebih dulu  setelah kalah 4-2 dalam adu penalti dari runner-up piala Dunia 2018 Kroasia. Pemenang ditentukan melalui adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 di Education City Stadium.

Setelah dua jam tersingkir dadi Piala Dunia 2022, Tite berkata: "Siklusnya berakhir dan saya mengatakan itu satu setengah tahun yang lalu dan saya menepati janji saya."

"Kita tidak bisa membuat drama. Ada profesional hebat lainnya yang bisa menggantikan saya. Siklusnya sudah berakhir." pungkaa pria berusia 61 tahun itu.

Sejauh ini, Brasil memang masih menjadi negara dengan koleksi Trofi Piala Dunia paling banyak, lima kali. Namun masih akan terus berusaha menambah koleksi trofi bergengsi itu, mereka akan untuk berkumpul kembali menjelang Piala Dunia 2026, yang akan menjadi ekstravaganza 48 tim yang diadakan di Amerika Utara.

Dan kepergian Tite telah memicu spekulasi tentang siapa yang akan mengambil peran selanjutnya, dengan Renato Gaucho, Rogerio Micale dan Andre Jardine semuanya dikabarkan menjadi opsi yang memungkinkan.

Mantan pelatih Corinthians berusia 61 tahun itu mengambil alih tim nasional Brasil pada 2016, menggantikan Dunga. Dia mengelola 81 pertandingan, memenangkan 60 dari semua pertandingan.

Para pemain Brasil mencetak 174 gol di bawah asuhan Tite, tetapi juga kebobolan 30 gol, yang terakhir terjadi pada menit ke-116 melawan Kroasia. Bruno Petkovic menyamakan kedudukan untuk memaksakan adu penalti di Education City Stadium, yang kemudian dikalahkan Brasil 4-2 setelah gagal dilakukan oleh Rodrygo dan Marquinhos.

Selama mengelola timnas Brasil, Tite memenangkan Copa America 2019, dan menjadi runner-up dua tahun kemudian. Namun, di Piala Dunia 2018 dan 2022, mereka kalah di babak perempat final, masing-masing melawan Belgia dan Kroasia. 

Setelah kemenangan mereka di babak 16 besar atas Korea Selatan, Tite memancing kemarahan Roy Keane, yang dibuat marah oleh tarian touchline mereka selama kemenangan meyakinkan itu.  

Mantan bos Caxias, Gremio dan Internacional itu bisa dibilang melihat kesuksesan terbesarnya dalam dua masa kepemimpinannya bersama Corinthians.

Selama waktu itu, dia memenangkan liga Brasil dua kali, Copa Liberadores pada 2012 dan Piala Dunia Klub FIFA akhir tahun itu, mengalahkan Chelsea di final.

Namun, ambisinya untuk memenangkan Piala Dunia dengan tim nasionalnya, kandas setelah kegagalan di dua perempat final membuatnya menerima kenyataan. Dan memilih mundur dari pelatih tim nasional. 

(atmaja wijaya/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network