Siapa Lebih Baik? Statistik Pertemuan Prancis vs Maroko

"Juara bertahan Piala Dunia lawan kuda hitam.."

Analisis | 12 December 2022, 07:01
Siapa Lebih Baik? Statistik Pertemuan Prancis vs Maroko

Libero.id - Juara bertahan Piala Dunia, Prancis, mencapai semifinal bersama dengan Argentina, Kroasia, dan tim kejutan Maroko. Di babak empat besar, Les Bleus akan berjumpa The Atlas Lions. Pertanyaannya, bagaimana catatan statitik pertemuan kedua tim? Berikut ini datanya.

Prancis dan Maroko memiliki hubungan yang sangat dekat di semua bidang. Itu karena Maroko pernah menjadi jajahan Prancis.

Status tersebut membuat sepakbola Maroko juga mendapatkan pengaruh besar dari Prancis. Banyak pelatih Prancis yang bekerja di Maroko. Sementara sejumlah punggawa Maroko merupakan orang-orang yang lahir, besar, dan menerima pendidikan sepakbola di Negeri Mode. Romain Sais dan Walid Reragui contohnya.

Di Piala Dunia 2022, kedua tim tampil sangat stabil sejak fase grup. Maroko mengalahkan Belgia dan Kanada di babak penyisihan. Mereka kemudian memukul Spanyol di babak 16 besar dan Portugal di perempat final. Maroko juga hanya menderita satu gol menuju semifinal.

Sebaliknya, Prancis memulai misi mempertahankan gelar dengan kemenangan atas Australia dan Denmark. Tapi, kalah dari tim Afrika, Tunisia. Di babak 16 besar, Les Bleus mencatatkan kemenangan gemilang 3-1 atas Polandia. Puncaknya, menyingkirkan Inggris 2-1 di perempat final.

Catatan statistik menunjukkan, Prancis dan Maroko telah bertemu lima kali. Semuanya dalam pertandingan persahabatan internasional. Mereka belum pernah bertemu di ajang besar sekelas Piala Dunia.

Pertemuan pertama mereka terjadi pada 1988 ketika Prancis mengalahkan Maroko 2-1. Tapi, dalam pertandingan yang tidak tercatat secara resmi, Prancis dan Maroko sudah sering bertanding pada 1960-an. Wajar, karena sejarah hubungan Maroko dan Prancis sebagai mantan koloni.

Kemudian, dalam pertandingan persahabatan pada 1998, Maroko menang atas Prancis dalam adu penalti. The Atlas Lions unggul 2-0 dari dua gol Salaheddine Bassir sebelum Laurent Blanc dan Youri Djorkaeff menyamakan skor. Dalam adu penalti, Maroko menang. Itu satu-satunya kemenangan atas Prancis.

Kedua belah pihak bertemu lagi pada 1999 dan 2000, dengan Prancis mengalahkan Maroko, masing-masing 1-0 dan 5-1. Thierry Henry, Youri Djorkaeff, Christophe Dugarry, Nicolas Anelka, hingga Sylvain Wiltord mencetak gol untuk Prancis.

Pertemuan terakhir antara Prancis dan Maroko terjadi dalam pertandingan persahabatan pada 2007. Ketika itu, mereka bermain imbang 2-2 di Stade de France, Saint-Denis.

Ketika itu, laga berlangsung di menit kedelapan, dan Tarik Sektioui membuat Maroko unggul. Sidney Govou menyamakan kedudukan dalam waktu tujuh menit. Di babak kedua, Samir Nasri memberi Prancis keunggulan 2-1. Tapi, gol telat Youssef Mokhtari memaksa pertandingan berakhir imbang 2-2.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network