5 Kesempatan, Argentina Catat Rekor Sempurna di Semifinal Piala Dunia

"Semoga di final ga apes.."

Berita | 14 December 2022, 05:29
5 Kesempatan, Argentina Catat Rekor Sempurna di Semifinal Piala Dunia

Libero.id - Timnas Argentina sukses melaju ke babak final Piala Dunia 2022 usai menghajar Timnas Kroasia dengan skor meyakinkan 3-0, Rabu (14/12) dini hari WIB dalam waktu 90 menit.

Gol demi gol La Albiceleste dicetak oleh Lionel Messi (34') lewat eksekusi penalti. Lalu brace Julian Alvarez (39' dan 69').

Kemenangan tim besutan Lionel Scaloni itu sekaligu  memperpanjang rekor tak terkalahkan Argentina di semifinal Piala Dunia. Sejak 1930 mereka telah memainkan 5  laga semifinal dan semuanya berkahir dengan manis.

Kemenangan pertama di semifinal adalah pada edisi Piala Dunia 1930 yang juga merupakan ajang akbar empat tahunan pertama, La Albiceleste sukses melumat Timnas Amerika Serikat dengan skor 6-1. Sayangnya, Argentina gagal juara karena takluk 2-4 dari Timnas Uruguay di final.

Selanjutnya di Piala Dunia 1986, Argentina juga kembali berjaya di semifinal, menaklukkan Timnas Belgia dengan skor 2-0. Pada tahun itu pula, Diego Maradona dan rekan-rekan mampu merengkuh trofi Piala Dunia kedua usai mengalahkan Timnas Jerman dengan skor 3-2 di final.

Empat tahun setelahnya, yakni Piala Dunia 1990, Argentina kembali bisa melaju ke semifinal dan menang 4-3 atas Timnas Italia via adu penalti. Namun di final, Argentina takluk dari Jerman 2-3, sehingga gagal menambah jumlah trofi mereka.

Cukup lama absen dari semifinal Piala Dunia, Argentina kembali sampai ke fase itu pada edisi 2014. Kala itu, Lionel Messi dan rekan-rekan menumbangkan Timnas Belanda lewat adu penalti 4-2. Akan tetapi, Argentina gagal juara karena menelan kekalahan 0-1 dari Timnas Jerman di final.

Dengan demikian, total Timnas Argentina sudah 5 kali mencapai semifinal dan selalu menang termasuk lawan Kroasia belum lama ini. Kini, tantangan Lionel Messi dan rekan-rekan selanjutnya adalah laga final pada Minggu (18/12) mendatang.

Argentina masih harus menunggu calon lawannya apakah Prancis atau Maroko yang bakal bertarung memperebutkan tiket terakhir ke fase final. Laga tersebut akan berlangsung pada Kamis (15/12) dini hari WIB mendatang.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network