Protes FIFA Terkait Wasit, Maroko Minta Laga Lawan Prancis Diulang?

"Kambing hitam laris diburu tim yang kalah.."

Analisis | 16 December 2022, 11:59
Protes FIFA Terkait Wasit, Maroko Minta Laga Lawan Prancis Diulang?

Libero.id - Timnas Maroko sepertinya masih belum menerima kekalahan dari Prancis di semifinal Piala Dunia 2022. Meski pertandingan play-off perebutan posisi ketiga ada di depan mata, fans The Atlas Lions meminta FIFA menggelar ulang duel lawan Prancis. Alasannya, kinerja wasit tidak benar.

Maroko terpaksa gigit jari setelah dikalahkan Prancis 0-2. Dua gol Les Bleus dihasilkan Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani.

Sayangnya, kekalahan itu tidak bisa diterima Maroko. Asosiasi Sepakbola Maroko (FRMF) mengungkapkan sejumlah fakta terkait keputusan wasit, Cesar Ramos, selama pertandingan yang mereka anggap tidak benar.

Salah satu bukti adalah insiden di babak pertama saat Theo Hernandez dan Sofiane Boufal bertabrakan di dalam area penalti Prancis.

Ketika itu, Sofiane Boufal langsung diberikan kartu kuning. Padahal, tayangan ulang tampaknya menunjukkan Theo Hernandez yang melakukan kontak dengan Sofiane Boufal. Jadi, FRMF bersikukuh seharusnya Maroko diberikan penalti. Dan, jika gol, itu bisa mengubah jalannya hasil pertandingan.

"FRMF memprotes keras kinerja wasit pertandingan Maroko vs Prancis yang dipimpin Cesar Arturo Ramos. Untuk tujuan ini, FRMF mengirim surat protes kepada badan yang kompeten (FIFA)," bunyi pernyataan resmi FRMF di situsnya.

"FRMF juga mengungkapkan keheranan yang luar biasa bahwa sistem VAR tidak bereaksi terhadap situasi ini. FRMF tidak akan menyia-nyiakan upaya untuk mencari kebenaran dan keadilan selama pertandingan semifinal Piala Dunia 2022," bunyi lanjutan pernyataan itu.

Apakah ini berarti Maroko minta laga melawan Prancis diulang? FRMF tidak menjelaskan secara detail. Tapi, di media sosial, banyak penggemar The Atlas Lions jelas meminta rematch. 

"Kami menuntut pertandingan ulang antara Maroko dan Prancis," tulis seorang pendukung di Twitter. Yang lain menulis: "Tidak adil bagi tim kami, seluruh negara Maroko sedih".

Dengan kemenangan 2-0 Prancis atas Maroko, kini sang juara bertahan Piala Dunia bakal menghadapi Argentina di final Piala Dunia 2022, Senin (19/12/2022) dini hari WIB. Sementara Maroko harus bertemu Kroasia untuk play-off memperebutkan posisi ketiga, Minggu (18/12/2022) dini hari WIB.
 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network