Catatan Manis Kroasia di Piala Dunia, 1 Kali Runner-up dan 2 Kali Tempati Posisi Ketiga

"Suatu saat bisa jadi juara.."

Berita | 18 December 2022, 07:19
Catatan Manis Kroasia di Piala Dunia, 1 Kali Runner-up dan 2 Kali Tempati Posisi Ketiga

Libero.id - Laga perebutan posisi ketiga Piala Dunia 2022 antara Maroko vs Kroasia berhasil dimenangkan oleh Kroasia.  Keberhasilan itu didapat usai Luka Modric dan kolega mengalahkan Maroko pada pertandingan yang digelar di Khalifa International Stadium, Sabtu (17/12) malam WIB dengan skor tipis yakni 2-1.

Dengan begitu ini merupakan kali kedua Kroasia meraih posisi ketiga di Piala Dunia. Sebelumnya pada Piala Dunia 1998 , Kroasia juga meraih posisi yang serupa.

Kala itu, Kroasia kalah di babak semifinal oleh Timnas Prancis dengan skor 1-2. Lalu, mereka mampu mengalahkan Timnas Belanda di perebutan tempat ketiga dengan skor 2-1.

Prestasi terbaik Kroasia sejauh ini di ajang akbar empat tahunan tersebut adalah di Piala Dunia 2018. Ketika itu, Kroasia yang juga dilatih oleh Zlatko Dalic menjadi runner up usai kalah lagi-lagi dari Prancis di final dengan skor 4-2.

Menariknya catatan manis tersebut yang ditorehkan oleh negara pecahan dari Yugoslavia itu adalah fakta bahwa mereka baru enam kali mentas di Piala Dunia. 

Pertama kali, Kroasia mentas di Piala Dunia pada tahun 1998 dan secara mengejutkan sukses meraih posisi ketiga.

Lalu, di edisi 2002 dan 2006, Kroasia gagal keluar dari babak grup. Hal tersebut juga terulang di edisi 2014.

Kroasia baru hanya sekali tak ikut Piala Dunia pada tahun 2010. Saat turnamen digelar di Afrika Selatan, Kroasia ketika itu gagal lolos dari babak kualifikasi.

Untuk semua prestasi itu, hormat untuk Kroasia.

(mochamad rahmatul haq/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network