Inilah Opsi Pengganti Elkan Baggott di Lini Belakang Timnas Indonesia

"Ada dua pemain yang bisa mengisi tempat Elkan Baggott. Siapa mereka?"

Analisis | 19 December 2022, 19:14
Inilah Opsi Pengganti Elkan Baggott di Lini Belakang Timnas Indonesia

Libero.id - Shin Tae-yong menyatakan tim nasional Indonesia kehilangan sosok tangguh di lini belakang selama Piala AFF 2022 setelah Elkan Baggott dipastikan sibuk bersama Gillingham. Tapi, pelatih asal Korea Selatan itu juga sudah memiliki opsi untuk mengisi tempat pemuda keturunan Inggris.

Elkan Baggott dipastikan absen membela Indonesia di Piala AFF 2022. Pasalnya, pada saat bersamaan, klubnya di Inggris sedang berjuang untuk beberapa kompetisi penting seperti Piala Liga Inggris dan Piala FA.

Meski sudah datang langsung ke Inggris untuk melobi Gillingham plus memberi beberapa opsi, Shin Tae-yong tidak bisa berbuat banyak karena Piala AFF 2022 bukan agenda resmi FIFA. Konsekuensinya, klub tidak wajib menyerahkan pemain ke tim nasional.

"Bila Elkan Baggott tidak bisa bergabung, saya sudah menyiapkan opsi lain dan antisipasi. Jika dia tidak bergabung memang jadi masalah. Tapi, kita harus mengatasinya dengan baik," ujar Shin Tae-yong, di laman PSSI.

Sebenarnya, Shin Tae-yong sudah menyempatkan datang ke Inggris menemui Elkan Baggott sekaligus meminta restu dari klubnya agar dilepas. Dia memberikan opsi Elkan Baggott tidak perlu main di semua pertandingan, melainkan hanya di semifinal atau final.

Tapi, kini sudah dipastikan Elkan Baggott absen. Pasalnya, dari daftar 23 pemain tim Garuda, Shin Tae-yong tidak menyertakan pemain kelahiran Thailand tersebut.

Pertanyannya, siapa pemain yang disiapkan Shin Tae-yong untuk mengisi sektor belakang?

Dari daftar pemain bertahan yang sudah dirilis, terdapat Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Hansamu Yama, dan Edo Febriansyah.

Elkan Baggott adalah bek tengah. Biasanya, dia bermain dengan Rizky Ridho dan Fachruddin Aryanto. Posisi Elkan Baggott kini diisi Hansamu Yama dan Jordi Amat. 

Jika melihat kebutuhan, tampaknya Jordi Amat akan mendapatkan kesempatan masuk starting line-up jika Shin Tae-yong memilih menggunakan formasi tiga bek (3-5-2, 3-4-3). Sementara jika pilihannya 4-4-2, 4-2-3-2, atau 4-3-3, kemungkinan ada akan tiga alternatif.

Alternatif pertama Fachruddin Aryanto-Rizky Ridho. Alternatif kedua, Fachruddin Aryanto-Jordi Amat. Dan, alternatif ketiga, Jordi Amat-Rizky Ridho. Tapi, mengingat Fachruddin Aryanto adalah kapten, tampaknya Rizky Ridho akan jadi cadangan dalam skema empat bek.

Tapi, jika melihat lawan yang akan dihadapi, kemungkinan formasi tiga bek baru akan ditampilkan melawan Thailand dan Filipina. Saat berjumpa Kamboja dan Brunei Darussalam, tampaknya Shin Tae-yong bakal menempatkan skema empat bek. 

Jadi, Jordi Amat menjadi pemain yang paling ditunggu penampilannya. Setelah proses naturalisasi yang berjalan panjang, kini pemuda asal Spanyol keturunan Sulawesi Utara tersebut akhirnya bermain untuk Indonesia. Semoga sukses!

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network