Jelaskan Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket

"Perhatikan cara yang benar berikut ini."

Analisis | 23 December 2022, 03:21
Jelaskan Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Permainan bola basket sudah menjadi salah satu olahraga paling populer di samping sepakbola dan bulu tangkis. Bahkan olahraga ini sudah diajarkan sejak bangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi, adanya materi pelajaran bola basket menunjukkan pentingnya cabang olahraga ini untuk dipelajari.

Dalam permainan bola basket terdapat beberapa teknik dasar yang wajib dikuasai para pemain. Selain cara menangkap dan memegang bola. Salah satu teknik dasar yang penting dikuasai yaitu teknik melempar bola basket.

Pasalnya, bermain bola basket tidak sekedar melempar bola, namun permainan ini memiliki teknik khusus dalam melakukan lemparan, baik saat mau mengumpan bola kepada rekan setim atau ketika mau memasukkan bola langsung ke ring basket.

Untuk itu, berikut kami jelaskan cara melempar bola dalam permainan bola basket, lengkap dengan macam-macam jenis lemparan.

1. Chest pass

Chest pass yaitu melempar bola basket dengan kedua tangan searah dada (chest pass). Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut:

Sikap awal:

Pemain yang akan melakukan lemparan berdiri dengan posisi kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menghadap sasaran.

Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan.

Konsentrasikan diri terlebih dan pada saat akan melempar bola ditarik ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku.

Luruskan kedua siku tangan dan mengambil awalan, kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan cara meluruskan siku dan dibantu lecutan pergelangan tangan dan dorongan dari bahu.

Sikap Akhir: Gerak lanjut dari teknik melempar bola basket adalah kedua lengan lurus sejajar bahu, telapak tangan menghadap ke luar dari jari-jari tangan lurus ke depan.

2. Over head pass

Over head pass yaitu: Melempar bola basket dengan dua tangan dari atas kepala (over head pass). Lemparan dua tangan dari atas kepala sering disebut dengan over head pass. Tujuannya adalah menghindari jangkauan tangan lawan.

Cara melempar bola basket dengan dua tangan di atas kepala.

Sikap permulaan:

Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu atau salah satu kaki berada di depan. Bola dipegang kedua tangan di atas kepala, kedua kaki ditekuk, dan pandangan terpuat pada sasaran lemparan

Gerakan:

Gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku/ lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.

Sikap akhir:

Sikap akhir adalah gerakan lanjutan dari kedua lengan lurus ke depan yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya.

3. Bounce pass

Bounce pass yaitu: Melempar bola basket dengan teknik Lemparan Pantulan. Gerakan ini bertujuan untuk menghindari hadangan dari pemain jangkung dan menerobos pertahanan lawan.

Cara melakukan lemparan pantulan adalah:

Pemain yang akan melakukan lemparan, berdiri dengan posisi kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, dan badan sedikit condong ke depan, kedua tangan  memegang bola di depan dada dan siku bengkok atau dilipat.

4. Baseball pass

Operan panjang dalam permainan bola basket disebut baseball pass. Cara melempar bola basket dengan teknik baseball pass adalah dilakukan di atas/belakang kepala, bertujuan agar passing melambung dan melewati lawan.

Biasanya, operan jarak jauh yang dilakukan lebih dari setengah panjang lapangan. Memang operan kadang tidak terlalu akurat namun berguna pada fast break.

5. Behind the back pass

Cara melempar bola basket yang satu ini merupakan gerakan yang rumit untuk para pemula. Tetapi jika terus dilatih bakal mudah dilakukan. Teknik melempar bola basket ini dilakukan dengan melakukan lemparan melalui belakang punggung. Dan membutuhkan latihan untuk bisa melakukan gerakan ini dengan baik dan benar.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network