Tidak Sia-sia Dinaturalisasi, Jordi Amat Buktikan Kualitas di Laga Debut

"Layak jadi pemain terbaik lawan Kamboja. Setuju?"

Analisis | 23 December 2022, 18:53
Tidak Sia-sia Dinaturalisasi, Jordi Amat Buktikan Kualitas di Laga Debut

Libero.id - Tim nasional Indonesiamengawali Piala AFF 2022 dengan kemenangan 2-1 atas Kamboja. Meski Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang mencetak gol, penampilan Jordi Amat di debut bersama pasukan Garuda layak mendapatkan acungan dua jempol. Pemain naturalisasi itu tampil 90 menit tanpa lelah.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, ntuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19, Indonesia berusaha mendapat poin sempurna.

Jadi, Shin Tae-yong memutuskan menampilkan starting line-up yang terdiri dari Nadeo Argawinata, Jodri Amat, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli.

Sementara Kamboja tampil dengan Keo Soksela, Choun Chanchav, Tes Sambath, Soeuy Visal, Seut Baraing, Saret Krya, In Sodavid, Orn Chanpolin, Lim Pisoth, Sieng Chanthea, dan Reung Bunheing.

Hasilnya, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman mencetak gol kemenangan Indonesia di babak pertama melalui umpan-umpan dan kombinasi permainan keren dari lini tengah.

Meski dua pemain dari Liga Slovakia itu yang jadi penentu kemenangan, pujian layak diberikan kepada Jordi Amat. Pemain naturalisasi Spanyol tampil sangat bagus di debut bersama seragam merah-putih. Sempat gagal menghentikan Kamboja mencetak gol tandukan, Jordi Amat memperbaikinya dengan aksi-aksi impresif.

Beberapa menit setelah gol Witan Sulaeman, pemain Johor Darul Ta'zim (JDT) itu memberikan umpan brilian kepada Egy Maulana Vikri. Sayang, pemain asal Medan gagal memanfaatkan kesempatan head to head dengan kiper Kamboja. 

Jordi Amat kembali tampil bagus di babak kedua. Dia menjadi pemain pertama yang sigap penghentikan serangan-serangan lawan. Bahkan, dalam satu momen di penghujung babak kedua, mantan pemain Rayo Vallecano tersebut memulai serangan dari lini belakang. Sayang, lagi-lagi mentah karena pemain depan Indonesia kurang fokus.

Kini, layak dinantikan penampilan Jordi Amat di pertandingan-pertandingan berikutnya. Indonesia akan tandang ke Brunei Darussalam pada Senin (26/12/2022). Kemudian, Thailand dan Filipina menanti. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network