Jelaskan Tujuan Utama Permainan Sepakbola

"Ada beberapa tujuan utama. Berikut ini penjelasannya."

Analisis | 24 December 2022, 16:00
Jelaskan Tujuan Utama Permainan Sepakbola

Libero.id - Sepakbola masih menjadi olahraga paling populer di dunia. Salah satu permainan bola besar ini memiliki penggemar di seluruh penjuru bumi. Bahkan, permainan sepakbola mampu menggaet penggemar lintas usia, baik dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua.

Tentu saja mereka yang sekedar menyukai sepakbola hingga bermain bola memiliki tujuan masing-masing. Karena permainan sepakbola memang mimiliki tujuan yang sangat beragam. Jadi, wajar jika olahraga yang satu ini paling digemari banyak orang.

Lalu, apa tujuan utama permainan sepakbola? Sepakbola memiliki tujuan utama untuk memenangkan pertandingan. Di tim yang masing-masing terdiri 11 orang bertanding di lapangan. Kedua tim tersebut harus berusaha mencetak gol lebih banyak untuk menjadi pemenang dalam suatu pertandingan.

Namun, tujuan utama permainan sepakbola bukan hanya itu saja. Berikut ini tujuan lain permainan sepakbola:

1. Memenangkan Pertandingan

Menjadi sangat realistis ketika tujuan permainan sepakbola yang pertama adalah untuk memenangkan pertandingan. Setiap tim yang bertanding di lapangan tentunya menginginkan kemenangan. Agar dapat memenangkan pertandingkan tentu mereka harus unggul gol dari tim lawan.

Para pemain dalam setiap tim dituntut untuk bisa menguasai teknik dasar bermain serta menerapkan strategi bertanding yang baik di lapangan agar dapat menciptakan gol. Jadi, pertandingan akan dimenangkan oleh tim dengan gol terbanyak pada sebuah pertandingan.

2. Menjaga Kesehatan Tubuh

Selain memenangkan pertandingan, tujuan utama sepakbola yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan tubuh. Dalam bermain sepakbola, setiap pemain dituntut melakukan banyak gerakan, dari berlari, merebut bola, mengiring, hingga menendang bola, yang semua gerakan itu sangat berguna menguatkan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Seperti melancarkan peredaran darah, meregangkan otot, dan menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Solidaritas

Karena permainan sepakbola dilakukan dua tim, maka tidak salah jika salah satu tujuan dari permainan ini adalah meningkatkan solidaritas. Bahkan, hampir seluruh cabang olahraga bertujuan untuk melatih kekompakan dan meningkatkan solidaritas antarpemain, termasuk sepakbola.

Setiap pemain akan berusaha mencapai tujuan permainan dengan melengkapi satu sama lain. Hal itu akan melatih kerja sama, kekompakan, hingga membentuk sebuah solidaritas. Tim yang solid bakalan dengan mudah memenangkan pertandingan.

4. Mengasah Skill

Meski sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan secara tim, tidak menutup kemungkinan skill individu harus menonjol. Bahkan, cukup sering para pemain memperlihatkan skill individunya.

Dengan memiliki kepercayaan diri, para pemain dapat terus mengsah skill yang dimilikinya. Seperti halnya untuk berlari, menggocek lawan, menendang, hingga memberi umpan-umpan yang akurat.

5. Meraih Pretasi

Bermain sepakbola untuk meraih prestasi. Karena saat ini sangat banyak kompetisi dalam permainan sepakbola. Para pemain yang tergabung dalam klub bola pastinya memiliki keinginan dan tekad yang besar untuk meraih prestasi. Prestasi adalah poin paling penting dalam sepakbola. Baik individu maupun tim.

Dengan banyaknya kompetisi yang bisa diikuti, peluang untuk meraih prestasi semakin besar. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network