Respek! Komentar Andres Iniesta Soal Piala Dunia 2022 dan Lionel Messi

"Iniesta dan Messi pernah jadi tulang punggung Barcelona."

Analisis | 26 December 2022, 17:25
Respek! Komentar Andres Iniesta Soal Piala Dunia 2022 dan Lionel Messi

Libero.id - Siapa yang terbaik diantara dua ikon sepak bola abad 21, Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo? Anda punya pendapat masing-masing. Sama halnya dengan Legenda Barcelona, Andres Iniesta.

Perdebatan tentang GOAT yang melekat pada keduanya kini dianggap selesai setelah La Pulga memenangkan Piala Dunia 2022. Banyak yang sepakat bahwa megabintang Argentina jauh lebih hebat dari CR7. Apalagi, pada turnamen yang sama, Cristiano Ronaldo hanya mampu mencetak satu gol saat Portugal tersingkir di perempat final.

Namun, apakah perdebatan itu penting bagi Andres Iniesta? Ternyata tidak. Bagi pahlawan Spanyol di Piala Dunia 2010, dengan atau tanpa Piala Dunia 2022, Lionel Messi tetap yang terbaik.

"Bagi saya, Messi tidak perlu memenangkan Piala Dunia untuk dianggap sebagai yang terbaik," ujar pencetak gol tunggal La Furia Roja melawan Belanda pada laga puncak Piala Dunia 2010 itu, dilansir Marca.

"Dan, saya pikir orang yang tidak percaya sebelum memenangkan Piala Dunia akan terus mencari alasan untuk tetap berpegang pada idenya. Tapi, bagaimanapun, saya pikir gelar itu pantas sepenuhnya, tidak hanya untuk dirinya, melainkan juga seluruh Argentina," tambah Andres Iniesta.

Lionel Messi juga dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen akbar tersebut. Dan, Andres Iniesta merasa hal tersbeut wajar.

"Bagaimana dia bersaing? Dengan dirinya sendiri. Dia mulai kalah di game pertama, dia menahan tekanan tambahan dari apa yang sudah dia miliki. Bagi saya, dia adalah juara yang pantas," ujar gelandang Vissel Kobe tersebut.

Andres Iniesta dan Lionel Messi bermain bersama untuk  Barcelona, dalam apa yang disebut sebagai era paling fenomenal dalam sejarah klub Katalunya. Keduanya mencatatkan lebih dari seribu penampilan dan mempersembahkan 32 trofi  untuk Barcelona. 

Awalnya, Andres Iniesta dan Lionel Messi diperkirakan akan mengakhiri karier di Camp Nou. Tapi, ternyata tidak. Andres Iniesta yang pertama kali hengkang pada 2018 untuk bergabung dengan klub Jepang, Vissel Kobe. Sementara Lionel Messi tiba di Paris Saint-Germain (PSG) tahun lalu.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network