Pahlawan Nasional, Brasil Berkabung 3 Hari Mengenang Pele

"Pele adalah raja sepakbola Brasil"

Viral | 30 December 2022, 13:13
Pahlawan Nasional, Brasil Berkabung 3 Hari Mengenang Pele

Libero.id - Bagi Brasil, jasa Pele tidak ada duanya. Berkat Edson Arante do Nascimento, Brasil dikenal dunia sebagai gudang pemain sepakbola kelas dunia. Kepergian Pele otomatis membuat Negeri Samba berduka. Pemerintah Brasil telah menetapkan tiga hari berkabung nasional.

Brasil sedang menangis. Di mana-mana ada air mata. Seorang pria terlihat menangis di luar Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo tempat Pele meninggal.

Sementara puluhan hingga ratusan orang meletakkan bendera Brasil di depan stadion legendaris, Estadio do Maracana, Rio de Janeiro. Patung Cristo Rey yang jadi ikon Rio de Janeiro dan Brasil juga berubah warnanya menjadi kuning-hijau. Bahkan, di Wembley, London, menyala dengan warna Brasil.

Macam-macam rupa cara untuk menghormati sang legenda. Pemerintah Brasil kemudian memutuskan 3 hari berkabung nasional. Bendera Brasil dikibarkan setengah tiang di berbagai tempat.

Pele meninggalkan istri ketiganya, Marcia Aoki dan enam anak. Putri Pele telah membagikan foto terakhir yang diambil bersama dengan ayahnya. "Semua yang kami miliki adalah terima kasih kepada anda. Kami mencintaimu tanpa batas. Beristirahatlah dalam damai," tulis putri Pele.

Media Brasil melaporkan, upacara penghormatan Pele akan diadakan pada Senin (2/1/2023) di Estadio Vila Belmiro, markas Santos, dan akan langsung dipimpin Presiden Luiz Inacio Lula da Silva. Ini akan jadi acara pertama Lula setelah dilantik jadi Presiden Brasil ke-39 pada Minggu (1/1/2023).

Acara itu diyakini akan dihadiri ribuan orang. Dan, pemakanan Pele rencananya berlangsung sehari setelah upacara penghormatannya. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network