Indonesia Tanpa Jordi Amat Lawan Filipina, Ini Penggantinya

"Ada tiga pemain yang bisa menggantikan Jordi Amat di belakang."

Analisis | 31 December 2022, 15:53
Indonesia Tanpa Jordi Amat Lawan Filipina, Ini Penggantinya

Libero.id - Tim nasional Indonesia akan melakoni pertandingan terakhir babak penyisihan grup Piala AFF 2022 melawan Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2023). Pasukan Garuda akan tampil tanpa Jordi Amat yang mengumpulkan dua kartu kuning. Lalu, siapa penggantinya?

Saat ini, Indonesia masih berada di peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga yang telah dimainkan. Tim Merah-Putih punya selisih gol +8. Sementara Thailand di puncak klasemen dengan +9.

Di belakang Thailand dan Indonesia, terdapat Kamboja. Tim yang mengejutkan itu menyusul di peringkat ketiga dengan enam poin dengan selisih gol +4. Sedangkan Filipina dan Brunei Darussalam telah dipastikan tersingkir dari Piala AFF 2022 karena tampil buruk di pertandingan-pertandingan sebelumnya.

Jika ingin menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar atas Filipina. Syarat lainnya, Thailand menang tipis, imbang, atau kalah. Misal, jika Thailand menang 1-0, maka Indonesia harus menang 3-0.

Di atas kertas, Filipina akan menjadi lawan mudah. Tapi, di lapangan kondisinya belum tentu. Pasalnya, The Azkals punya banyak pemain naturalisasi. Selain itu, tampil di kandang akan membuat Filipina tidak ingin mengecewakan para pendukung setianya.

Menurut Shin Tae-yong, Filipina tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, Indonesia tidak akan turun dengan kekuatan penuh. Sebab, bek naturalisasi, Jordi Amat dipastikan absen gara-gara akumulasi kartu kuning.

"Iya, Jordi (Amat) akumulasi kartu kuning. Jadi, tidak bisa dimainkan. Tentu Shin Tae-yong punya alternatif lain," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dilansir Antaranews.

Pertanyaannya, siapa yang akan menggantikan Jordi Amat? Jawabannya, tergantung formasi yang akan digunakan Shin Tae-yong. Jika kembali menggunakan empat bek (4-3-3, 4-2-3-1, 4-4-2), maka Fachruddin Aryanto bisa bermain dengan Rizky Ridho, Hansamu Yama Pranata, atau Rachmat Irianto.

Tapi, jika Shin Tae-yong memilih menggunakan tiga bek (3-4-3, 3-5-2), Fachruddin Aryanto bisa bermain bersama Rizky Ridho, Hansamu Yama Pranata, atau Rachmat Irianto.

Dengan lawan yang akan dihadapi, tampaknya Shin Tae-yong akan kembali bermain dengan empat bek. Itu berarti Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho akan jadi opsi. Bisa juga Hansamu Yama Pranata atau Rachmat Irianto. Sementara di tengah, Marc Klok dan Ricky Kambuaya bisa kembali berduet, plus Marselino Ferdinan.
 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network