Apa dan Siapa Al Nassr? Profil Klub Arab Saudi yang Berani Kontrak CR7

"Hanya trofi Liga Champions Asia yang belum dimiliki.."

Biografi | 31 December 2022, 19:10
Apa dan Siapa Al Nassr? Profil Klub Arab Saudi yang Berani Kontrak CR7

Libero.id - Cristiano Ronaldo resmi berseragam Al Nassr. Klub elite di Arab Saudi itu mengumumkan kedatangan sang megabintang pada Sabtu (31/12/2022) melalui Instagram resminya. Pertanyaannya, klub macam apa Al Nassr? Inilah profilnya.

Sebuah foto Cristiano Ronaldo berpose dengan memamerkan jersey kebanggaan Al Nassr bernomor punggung tujuh viral. Itu menjadi sinyal bahwa megabintang Portugal telah resmi terbang ke Timur Tengah.

"Ini adalah rekrutan yang bersejarah. Perekrutan ini tidak hanya menginspirasi klub kami untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar di liga kami ke depan, melainkan juga turut berdampak kepada negara kami," tulis pernyataan resmi Al Nassr di web dan media sosialnya.

"Selain itu, kehadirannya dipercaya dapat menginspirasi generasi kami ke depan. Anak laki-laki maupun perempuan bisa menjadi versi terbaik diri mereka sendiri di masa depan. Selamat datang Cristiano Ronaldo di rumah barumu," lanjut pernyataan tersebut.

Dari Sporting Lisbon ke Manchester United, ke Real Madrid, ke Juventus, dan balik lagi ke Manchester United. Kini, Cristiano Ronaldo bermain di klub yang hanya selevel Asia.

Pertanyaannya, bagaimana kiprah Al Nassr di lapangan hijau? Dan, siapa mereka? Jawabannya, Al Nassr didirikan pada 1955 oleh seorang bernama Zeid Bin Mutlaq Al-Ja'ba Al-Dewish Al-Mutairi. Dalam berbagai literatur, nama klub ini memiliki arti "kemenangan".

Al Nassr memiliki perkembangan yang  pesat. Mereka bermain di liga amatir hanya 5 musim setelah itu mendapat pengakuan sebagai klub profesional dan mulai mencicipi pertandingan resmi di Divisi II Liga Arab Saudi pada 1960-an.

Performa klub yang bermarkas di Riyadh itu lantas meroket. Dengan cepat, mereka promosi ke divisi teratas. Hanya butuh 3 musim dan bahkan Al Nassr mampu menyabet gelar juara di musim 1974/1975.

Dan selama bertahun-tahun kemudian,  Al Nassr konsisten memantapkan dirinya sebagai klub elite. Klub ini rutin menyumbang pemain-pemain untuk tim nasional Arab Saudi. Banyak Legenda tim nasional juga merupakan jebolan Al Nassr. Sebut saja Majed Abdullah, Fahd Al-Herafy, dan Mohaisn Al-Jamaan.

Layaknya klub elite lainnya, Al Nassr sudah memenangkan belasan trofi bergengsi di lintas ajang. Sebut saja 9 gelar Liga Profesional Arab Saudi, 6 King's Cup, 1 Piala Winners Asia, 1 Piala Super Asia, dan sempat menjadi runner-up Piala Champions Asia 1995.

Khusus sejauh musim ini, Al Nassr juga mampu bersaing di papan atas klasemen sementara Liga Profesional Saudi. Tim itu diasuh mantan pelatih AS Roma, Rudi Garcia. Pria asal Prancis itu dibantu sejumlah asisten pelatih, yang mayoritas berasal dari Portugal.

Dari materi, Al Nassr diperkuat penyerang Kamerun di Piala Dunia 2022, Vincent Aboubakar. Lalu, mantan gelandang Bayern Muenchen, Luiz Gustavo. Ada juga mantan kiper Arsenal, David Ospina, serta bekas bek tengah Villarreal, Alvaro Gonzalez.

Intinya, Cristiano Ronaldo tidak akan kesepian karena banyak pemain top Eropa yang akan menjadi rekan kerjanya di Negeri Padang Pasir. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network