Sinyal Bahaya untuk Pemain Egois Indonesia, Vietnam Belum Kemasukan di Piala AFF 2022

"Semua karena kiper kelahiran Rusia, Dang Van Lam.."

Analisis | 04 January 2023, 10:25
Sinyal Bahaya untuk Pemain Egois Indonesia, Vietnam Belum Kemasukan di Piala AFF 2022

Libero.id - Lini depan tim nasional Indonesia yang sering menyia-nyiakan peluang mencetak gol mendapatkan ujian sangat serius saat bertemu Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Pasalnya, The Golden Star menjadi satu-satunya semifinalis yang belum menderita gol. Dari 4 laga, mereka juga mencetak 12 gol.

Setelah memainkan empat pertandingan di babak grup, Vietnam mencatatkan empat clean sheets. Pasukan Park Hang-seo adalah satu-satunya tim yang bisa melakukan hal ini. Malaysia, Singapura, dan Thailand memiliki dua clean sheets, dan Indonesia sekali.

Pencapaian Vietnam ini patut diapresiasi setelah melalui masa-masa sulit dalam konfrontasi dengan Malaysia. Setelah kartu merah Nguyen Van Toan, Vietnam harus bermain 10 orang selama 30 menit dan kemudian mencetak 2 gol untuk memastikan kemenangan 3-0.

Selain wasit asal Jepang, Ryuji Sato, dalam pertandingan itu, penjaga gawang Dang Van Lam terpilih sebagai pemain terbaik. Itu berkat tiga penyelamatan penting dalam membantu Vietnam menjaga clean sheet dan menjadi tim yang tak terkalahkan.

Vietnam berhasil mempertahankan gawangnya tanpa kebobolan hingga pertandingan terakhir grup melawan Myanmar. Catatan ini sama seperti Piala AFF 2018 dan Piala AFF 2020. Saat itu, Vietnam juga berhasil mencatatkan clean sheets setelah memainkan empat pertandingan pertama.

Dengan kemenangan 3-0 atas Myanmar, Vietnam juga menjadi tim dengan serangan terkuat di babak penyisihan grup setelah Thailand. Saat ini, tim Gajah Perang yang paling banyak mencetak gol dengan 13 kali. Vietnam di posisi kedua dengan 12 gol, atau sama dengan Indonesia.

Lalu, apa arti fakta tersebut? Indonesia tidak boleh mengulang kesalahan saat bertemu Thailand dan Filipina di fase grup.

Pada dua pertandingan tersebut, pasukan Garuda harus menyia-nyiakan keunggulan. Penyebabnya, pemain terlalu sering membuang peluang mencetak gol. Mereka juga kurang disiplin, mudah lengah, dan yang paling fatal adalah terlalu egois. Saat unggul, kerjasama hilang tak berbekas.

Jika hal itu masih diulangi melawan Vietnam, misi untuk kembali ke final dan mencetak sejarah juara Piala AFF untuk pertama kalinya dipastikan menguap.

"Saya yakin Vietnam bisa menang dari Indonesia di semifinal," ujar Park Hang-seo di sesi konferensi pers setelah pertandingan terakhir fase grup melawan Myanmar di Hanoi, Selasa (3/1/2022) malam, dilansir Zingnews.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network