3 Mantan Pemain Liga Premier yang Pindah ke Arab Saudi pada 2022

"Setidaknya Bang Dodo punya kawan di Arab Saudi.."

Biografi | 04 January 2023, 14:27
3 Mantan Pemain Liga Premier yang Pindah ke Arab Saudi pada 2022

Libero.id - Cristiano Ronaldo secara resmi memastikan kepindahan ke Arab Saudi untuk bergabung dengan Al-Nassr dalam kontrak yang diyakini bernilai lebih dari 200 juta euro (Rp3,2 trilliun) per tahun hingga 30 Juni 2025. Ternyata, CR7 bukan mantan pemain Liga Premier satu-satunya di Liga Profesional Arab Saudi 2022/2023.

Meski popularitas liga di Arab Saudi belum seperti Liga Super China yang dijuluki sebagai "liga sebelum pensiun", ada banyak pemain top yang pindah. Sebab, di Liga Profesional Arab Saudi, mereka juga akan mendapatkan nominal gaji yang tak kalah besar.

Beberapa pemain Liga Premier juga tercatat sedang berpetualang di Arab Saudi. Beberapa nama bahkan baru saja pindah ke kompetisi di padang pasir itu pada 2022, atau beberapa bulan sebelum CR7 datang ke Al Nassr.

Siapa saja mereka? Berikut ini 3 mantan pemain Liga Premier yang datang ke Liga Profesional Arab Saudi pada 2022:

1. Grzegorz Krychowiak

Gelandang Polandia, Grzegorz Krychowiak, pindah ke Paris Saint-Germain (PSG) pada 2016 setelah tampil mengesankan di Sevilla. Tapi, dia gagal membuat sesuatu yang berkesan di Ligue 1. Dia gagal menggantikan Adrien Rabiot dan Thiago Motta. Jadi, dia dipinjamkan ke West Bromwich Albion pada 2017/2018.

Untuk West Brom, Grzegorz Krychowiak membuat 31 penampilan di semua kompetisi dan menyumbang tiga assist. Sayang, The Baggies terdegradasi ke Divisi Championship, dan Grzegorz Krychowiak terpaksa kembali ke PSG.

Grzegorz Krychowiak kemudian berpindah-pindah dari Lokomotiv Moscow ke FC Krasnodar, ke AEK Athens, sebelum dipinjamkan ke klub Arab Saudi, Al-Shabab pada Juli 2022. Dia mencetak dua gol dan membuat satu assist dalam sembilan pertandingan.

Dan, Grzegorz Krychowiak akan melawan Cristiano Ronaldo dua kali musim ini. Sebab, pertandingan kandang dan tandang Al-Shabab melawan Al-Nassr belum berlangsung.

2. David Ospina

Kiper Kolombia, David Ospina, terdaftar sebagai pemain Arsenal pada 2014-2019. Dia merupakan rekrutan paling terkenal di Liga Profesional Saudi musim ini sebelum kedatangan Cristiano Ronaldo.

Pemilik dua Piala FA bersama The Gunners itu menyelesaikan kontrak dengan Napoli dan pindah ke Arab Saudi pada Juli 2022 sebagai agen bebas. Dia selalu bermain pada 10 pertandingan sejauh ini. Dia juga membuat lima clean sheets saat Al-Nassr tetap berada di puncak klasemen sementara Liga Profesional Arab Saudi dengan hanya satu kekalahan.

3. Helder Costa

Helder Costa bergabung dengan Wolverhampton Wanderers ketika masih di Divisi Championship. Awalnya dengan status pinjaman dan kemudian secara permanen pada 2017.

Setelah Wolves dipromosikan pada 2018, Helder Costa malah dipinjamkan ke Leeds United pada 2019, yang saat itu berada di Divisi Championship. Lagi-lagi, dia membantu klubnya promosi ke Liga Premier. Bedanya, Helder Costa sempat main semusim di kasta tertinggi Inggris sebelum pindah ke Valencia, lalu ke klub Arab Saudi, Al-Ittihad, pada Juli 2022.

Pemain tim nasional Angola itu belum mendaftarkan gol atau assist. Dan, Helder Costa juga akan menghadapi Cristiano Ronaldo dua kali musim ini, dengan salah satunya di semifinal Piala Super Arab Saudi.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network