Momen Keren Indonesia Kalahkan Vietnam di Semifinal Piala AFF 2000

"Saat itu juga di GBK. Cek videonya..."

Feature | 05 January 2023, 17:24
Momen Keren Indonesia Kalahkan Vietnam di Semifinal Piala AFF 2000

Libero.id - Timnas Indonesia tercatat sudah 10 kali bersua Vietnam di ajang Piala AFF. Pertemuan pertama kali terjadi pada 20 tahun silam atau tepatnya pada Piala AFF edisi pertama tahun 1996.
 
Sementara itu, pertemuan terakhir kedua negara terjadi di Piala AFF 2020.

Pada laga tersebut, kedua negara hanya bermain imbang 0-0. Hasil itu membuat tim Garuda gagal lolos sebagai juara Grup disusul dengan Vietnam yang menjadi runner-up.

Adapun dari 20 pertemuan, skuad Garuda menang 3 kali, Vietnam unggul 1 kali, dan sisa 6 laga lain berakhir imbang. Salah satu kemenangan yang epic itu terjadi pada Piala AFF 2000 di babak semifinal.

Menariknya, posisi Indonesia serupa dengan AFF tahun ini. Mereka lolos ke semifinal usai keluar sebagai runner up Grup A menemani Thailand. Indonesia berjumpa Vietnam pada AFF 2000

Masih diperkuat oleh Aji Santoso, Gendut Doni Christiawan, Uston Nawawi, dan Kurniawan Dwi Yulianto, Indonesia tampil lepas menghadapi Vietnam di Stadion Rajamangala Bangkok, 16 November 2000.

Memulai babak pertama, Indonesia langsung mencuri gol pada menit 39. Sundulan Gendut Doni sukses mengoyak gawang Vietnam.

Namun, jelang jeda, Indonesia kecolongan. Serangan balik cepat Vietnam gagal dihalau dengan maksimal oleh lini belakang. Alhasil, Nguyen Hong Son mampu menyamakan kedudukan lewat sepakan di dalam kotak penalti

Indonesia kembali unggul setelah Matheus Nurdiantara menyambar bola hasil sepakan Gendut Doni. Berawal dari pergerakan Gendut Doni yang mampu meloloskan diri dari kawalan bek Vietnam, ia lalu melepaskan sepakan keras. Namun, bola hanya membentur mistar gawang dan bola langsung disambar Matheus lewat kaki kirinya. Indonesia berbalik memimpin 2-1.

Akan tetapi, keunggulan Indonesia tidak bisa dipertahankan lantaran Vu Cong Tuyen menyamakan kedudukan pada menit 90. Papan skor berubah menjadi 2-2.

Sampai pertandingan usai, skor 2-2 tetap bertahan. Pertandingan akhirnya dilanjutkan pada babak perpanjangan waktu. Dan Gendut Doni tampil sebagai aktor penting kemenangan. Memanfaatkan umpan Kurniawan, Gendut Doni langsung melepaskan sepakan keras dan mengubah skor menjadi 3-2.
 
Kemenangan itu membuat Indonesia lolos ke final berhadapan dengan Thailand. Sayang, pada partai puncak, Indonesia keok dari Thailand dengan skor 4-1.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network