Sepakat dengan Kiatisuk Senamuang, Ong Kim Swee: Thailand dan Vietnam Memiliki Kualitas yang Setara

"Indonesia memang tidak diperhitungkan sebagai lawan tangguh wkwk..."

Berita | 13 January 2023, 11:27
Sepakat dengan Kiatisuk Senamuang, Ong Kim Swee: Thailand dan Vietnam Memiliki Kualitas yang Setara

Libero.id - Pemain naturalisasi Malaysia, Lee Tuck dan Sergio Aguero tampil cukup baik di ajang Piala AFF baru-baru ini.

Mantan pelatih Kedah Azraai Khor Abdullah terkesan dengan penampilan Lee Tuck dan Sergio Aguero.

Harimau Malaya tersingkir dari Piala AFF setelah kalah agregat 3-1 dari Thailand di semifinal.

"Tuck menunjukkan komitmen dan etos kerja yang baik. Tapi kami juga tahu saat itu, pelatih (Kim) Pan Gon tidak punya banyak pilihan untuk memanggil siapa. Namun saya bisa melihat peran Tuck ada di sana," ujar Azraai kepada NST.

"Mungkin hal-hal masih baru di bawah Pan Gon. Saya perhatikan bahwa dalam beberapa kasus Tuck dipanggil ke pinggir lapangan oleh Pan Gon. Tapi jika kita melihat workrate-nya, dia lebih baik dari pemain naturalisasi sebelumnya yang mengecewakan," ujar Azraai merujuk pada pemain kelahiran asing Mohamadou Sumareh, Guilherme de Paula dan Liridon Krasniqi yang sebelumnya bermain untuk timnas.

"Saya tidak banyak melihat Aguero. Kami membutuhkan sesuatu yang lebih baik darinya karena ekspektasi kami terhadap pemain naturalisasi adalah mereka lebih baik daripada pemain lokal. Jika sama saja, maka itu mengalahkan tujuannya."

Azraai percaya bahwa Tuck memiliki apa yang diperlukan untuk bermain untuk Malaysia di Piala Asia 2023.

"Ini semua akan tergantung pada siapa yang tersedia. Sekarang ini tentang 'mengambil properti seseorang' jadi jika 'pemilik' melepaskan para pemain (untuk seleksi nasional), maka Pan Gon akan memiliki kumpulan bakat yang lebih besar," kata Azraai.

“Tuck bisa mencapai level itu (bermain di Piala Asia) jika melihat gelandang yang ada. Dari Piala AFF, kesimpulan positifnya adalah sekarang ada lebih banyak pemain untuk dipilih Pan Gon dan terlepas dari peringkat 'B' atau apa pun, tim bermain dengan semangat, komitmen, dan sikap yang baik."

Sementara itu, mantan pelatih timnas Malaysia, Datuk Ong Kim Swee merasa terlalu dini untuk menilai Tuck dan Aguero hanya berdasarkan penampilan mereka di Piala AFF.

"Mereka menyesuaikan diri bermain dengan tim nasional yang memiliki intensitas berbeda, jadi kita tidak seharusnya menyalahkan atau mempertanyakan penampilan mereka. Tapi saya yakin setelah tahun ini, setelah lebih banyak pertandingan, mereka akan jauh lebih baik."

Kim Swee mengatakan kualitas Thailand dan Vietnam yang akan bertanding di final Piala AFF tidak perlu diragukan lagi.

"Thailand dan Vietnam adalah yang terbaik, memiliki kualitas yang lebih baik. Tapi bagi Malaysia mencapai semifinal sudah merupakan pencapaian yang bagus tapi kami tahu ini bukan 11 terbaik," kata Kim Swee.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network