Bagaimana Peluang Erick Thohir Terpilih jadi Ketum PSSI? Ini Analisisnya

"Inilah voters PSSI yang ada di barisan Erick Thohir.."

Analisis | 15 January 2023, 13:48
Bagaimana Peluang Erick Thohir Terpilih jadi Ketum PSSI? Ini Analisisnya

Libero.id - Meski memiliki rekam jejak olahraga yang hebat dan didukung penggemar sepakbola Indonesia, peluang Erick Thohir memenangkan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023, 16 Februari 2023, masih perlu dipertanyakan. Pasalnya, sistem yang dibentuk di PSSI sejak era Nurdin Halid menyulitkan masuknya orang-orang baru.

Erick Thohir merupakan sosok yang populer di mata penggemar, pengamat, maupun media-media olahraga di Indonesia untuk dijadikan pengganti Mochamad Iriawan.

Rekam jejak yang panjang dan pengalaman mengelola berbagai klub olahraga level dunia sekelas Inter Milan, DC United, atau Philadelphia 76ers sudah lebih dari cukup untuk membuat PSSI berada di rel yang benar.

Erick Thohir juga punya reputasi sebagai anggota maupun pengurus di berbagai badan olahraga internasional seperti Panitia Penyelenggara Asian Games 2018, Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA), Federasi Bola Basket Amatir Asia (FIBA Asia), hingga Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Menteri Negara BUMN itu juga punya hubungan yang baik dengan petinggi-petinggi olahraga dunia seperti Gianni Infantino (FIFA), Alexander Caferin (UEFA), hingga Thomas Bach (IOC).

Namun, pemilihan Ketua Umum PSSI dalam KLB 2023 tidak dilakukan layaknya Pemilihan Presiden Republik Indonesia yang melibatkan seluruh rakyat. Hanya para pemegang hak suara dari utusan klub anggota yang bisa memilih. Jumlahnya tidak banyak, dan mayoritas merupakan bagian dari "orang-orang lama".

Pertanyaannya, berapa banyak pemegang hak suara yang akan mendukung Erick Thohir? Tidak ada yang tahu pasti!

Hanya saja, kubu Erick Thohir mengklaim mendapatkan dukungan 60 voters. Jika benar, itu sudah cukup menang mutlak di KLB 2023. Pasalnya, berdasarkan aturan PSSI, ada 87 entitas yang berhak memberikan suara seperti klub, Asosiasi Provinsi, Asosiasi Pemain, Asosiasi Pemain, Asosiasi Futsal, dan Asosiasi Sepakbola wanita.

Tidak diketahui siapa-siapa saja yang mendukung Erick Thohir. Tapi, dari yang dilihat saat pengembalian formulir, bisa dibaca bahwa Persis Solo, Persib Bandung, RANS Nusantara ada di barisan yang sama. Begitu pula FC Bekasi City, meski tidak punya hak suara.

Voters lain yang kemungkinan besar mengarah ke Erick Thohir adalah Persebaya Surabaya, Semen Padang, PSIM Yogyakarta, Persekat Tegal, Sriwijaya FC, atau Persipura Jayapura. Ada juga beberapa Asprov seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Papua, dan Sumatera Selatan.

Tidak hanya itu, Asosiasi Pelatih, Asosiasi Pemain, hingga Asosiasi Futsal tampaknya juga cenderung mengarahkan dukungan ke Erick Thohir.

"Erick Thohir buat Persib bukan sosok yang baru karena dari awal berdirinya PT PBB (Persib Bandung Bermartabat) pada 2011 (ada Erick Thohir). Pak Erick sudah 8 tahun bergabung dengan Persib, memberikan kontribusi yang sangat banyak hingga 2019," ucap Komisaris PT PBB, Teddy Tjahjono, kepada awak media.

Jadi, layak ditunggu apakah Erick Thohir bisa mengalahkan calon lain yang "orang lama", dan telah memiliki jaringan di PSSI, La Nyalla Mattaliti.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network