Kembali Menjuarai Piala AFF, Eks Pelatih Malaysia: Semua Karena Sistem Liga yang Baik

"Malaysia dianggap punya potensi menyusul Thailand, kalau Indonesia Los dol wkwk"

Berita | 18 January 2023, 23:05
Kembali Menjuarai Piala AFF, Eks Pelatih Malaysia: Semua Karena Sistem Liga yang Baik

Libero.id - Sekali lagi dan untuk kesekian kalinya Thailand memantapkan diri mereka sebagai raja sepak bola Asean dengan memenangkan Piala AFF ketujuh mereka.

The War Elephants sukses mempertahankan gelarnya setelah mengalahkan Vietnam 1-0 pada leg kedua final Piala AFF 2022 di Thailand.

Presiden Asosiasi Pelatih Sepak Bola Malaysia (FCAM) B. Satiananthan mengatakan Thailand selalu selangkah di atas tim Asean lainnya dalam 20 tahun terakhir.

"Vietnam telah meningkatkan standar mereka selama lima tahun terakhir di bawah pelatih Park Hang Seo, tapi Thailand (masih) terbukti lebih unggul," ujar mantan pelatih timnas Malaysia tersebut.

"Kualitas individu para pemain Thailand membuat perbedaan melawan Vietnam. Mereka mampu mengatasi tekanan yang diberikan oleh Vietnam. Ini adalah kunci kesuksesan Thailand di Piala AFF."

"Vietnam bekerja lebih keras daripada Thailand, tetapi dalam sepak bola, kerja keras saja tidak cukup. Anda masih membutuhkan pemain yang bisa menciptakan peluang dan menyelesaikannya serta mengontrol penguasaan bola."

Satiananthan mengatakan sistem liga sepak bola Thailand yang kuat dan program pengembangan yang baik menjadi dasar kesuksesan mereka.

Dia mengatakan Malaysia bisa menyamai Thailand jika klub-klub M-League serius dalam mengembangkan pemain muda dan lebih banyak akademi seperti Akademi Mokhtar Dahari yang terkenal di Negri Jiran.

"Klub sepak bola di Thailand sangat serius dalam mengembangkan sepak bola dan Anda bisa melihat selalu ada bakat baru yang membuat terobosan dan pindah ke negara lain," ujar Satiananthan.

"Sepak bola Thailand di tingkat sekolah berkualitas tinggi dan mereka memainkan kompetisi sepanjang tahun. Anda bisa melihat para pemain mereka sangat terampil dan para pemain ini akan percaya diri memainkan sepak bola berbasis penguasaan bola."

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network