Profil Jakub Kiwior, Rekrutan Baru Arsenal dari Polandia

"Pemain sekelas Robert Lewandowski memberikan pujian."

Biografi | 24 January 2023, 19:32
Profil Jakub Kiwior, Rekrutan Baru Arsenal dari Polandia

Libero.id - Tak ada angin tak ada hujan, Arsenal mendatangkan beberapa pemain. Dan, salah satu nama yang tak diduga adalah Jakub Kiwior. Pemain Polandia itu didatangkan dari Spezia. Siapa dia?

The Gunners mendatangkan Jakub Kiwior setelah mencapai kesepakatan senilai 20 juta euro (Rp327 miliar). Kedatangan bek tim nasional Polandia itu memberikan kedalaman yang tak ternilai bagi tim besutan Mikel Arteta, yang sedang perkasa di Liga Premier.

Meski akan bergabung dengan Arsenal, banyak pendukung The Gunners yang tidak mengerti siapa dia. Jadi, siapa dia?

Lahir pada Februari 2000, Jakub Kiwior adalah produk akademi sepakbola terkenal di Belgia, Anderlecht. Ini adalah klub besar yang telah melahirkan bintang-bintang belgia seperti Vincent Kompany, Romelu Lukaku, hingga Youri Tielemans. Tapi, dia kemudian kembali ke kampung halamannya.

Jakub Kiwior kemudian melakukan debut profesional untuk Zeleziarne Podbrezova dalam pertandingan Liga Polandia melawan Nitra. Itu terjadi hanya empat hari setelah berusia 19 tahun.

Jakub Kiwior hanya membuat 16 penampilan, mencetak satu gol, sebelum pindah ke MSK Zilina di Slovakia pada musim panas berikutnya. Performanya ternyata menarik perhatian tim Serie A, Spezia. Mereka mendatangkannya dengan kontrak empat tahun pada Agustus 2021.

Setelah melanjutkan perkembangan di Italia, Jakub Kiwior melakukan debut internasional untuk Polandia saat bermain imbang melawan Belanda pada UEFA Nations League, Juni 2022. Dia kemudian memainkan empat pertandingan Piala Dunia 2022.

Sejarah mencatat, Jakub Kiwior menjadi bagian dari barisan belakang Polandia yang kokoh saat maju dari babak grup untuk pertama kalinya dalam 36 tahun.

Sebagai pemain yang penuh dengan potensi, dan dengan performa di lini belakang yang semakin impresif, Jakub Kiwior menarik perhatian banyak klub Eropa. Pada transfer window musim panas 2022, dirinya sempat dikaitkan dengan AC Milan, AS Roma, hingga West Ham United.

Ternyata, pada saat-saat tak terduga, Arsenal mengambil risiko merekrut Jakub Kiwior. Dengan Arsenal sedang memperebutkan gelar Liga Premier, Piala FA, dan Liga Europa, dia akan memberikan banyak pilihan untuk Mikel Arteta.

Arsenal layak optimistis karena Jakub Kiwior tergolong pemain serbaguna. Dia telah memainkan sebagian besar kariernya di lini tengah. Dia bisa bermain di sisi kiri dalam skema tiga bek. Tubuh yang besar dan kaki yang panjang, juga akan memberikan keuntungan signifikan dalam duel udara.

Jakub Kiwior adalah bek konservatif yang tidak cenderung membuat keputusan gegabah atau keluar dari posisi. Itu membuatnya sederhana dalam penguasaan bola, tidak terlalu lama memegang bola, dan mendistribusikannya dengan cepat untuk membantu tim mempertahankan momentum.

Tapi, saat menghadapi penyerang dalam situasi satu lawan satu, Jakub Kiwior terkadang diekspos oleh pemain lawan dengan pusat gravitasi rendah dan kelincahan yang lebih baik. Jakub Kiwior sempat tampil bagus saat melawan Dusan Vlahovic dan Romelu Lukaku.

Meski baru berusia 22 tahun, Jakub Kiwior ternyata memiliki pemahaman yang mengesankan tentang permainan. Dan, dengan keserbagunaannya di lapangan yang diperjelas musim ini, dirinya bisa menjadi akuisisi cerdas lainnya oleh Mikel Arteta dan Edu Gaspar.

"Dengarkan saya, ini adalah pemain sungguhan. Saya menyadarinya saat pemanasan sebelum pertandingan melawan Belanda. Dalam latihan, sangat sulit untuk melihat hal-hal tertentu. Saya bertanya, 'tapi siapa dia?' Lalu, saya melihatnya di pertandingan, luar biasa. Potensinya sangat bagus," puji Robert Lewandowksi, dilansir Citta della Spezia.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network