Gara-gara Piala Dunia 2022, Brahim Diaz ingin Pindah Timnas dari Spanyol ke Maroko

"Dulu pernah dipanggil Maroko, tapi menolak. Kini, mengemis.."

Biografi | 28 January 2023, 01:57
Gara-gara Piala Dunia 2022, Brahim Diaz ingin Pindah Timnas dari Spanyol ke Maroko

Libero.id - Meski berstatus anggota tim nasional Spanyol sejak junior dan sudah bermain di level senior plus menyumbang gol, Brahim Diaz ternyata ingin berpindah negara membela Maroko. Itu gara-gara Maroko sukses besar di Piala Dunia 2022. Tapi, apakah itu memungkinkan menurut regulasi FIFA?

Brahim Diaz dikenal sebagai jebolan Malaga dan Manchester City yang pindah ke Real Madrid. Kemudian dipinjamkan ke AC Milan.

Selain membela klub-klub besar Eropa, Brahim Diaz juga memperkuat Spanyol di berbagai level. Mulai U-17, U-19, U-21, hingga Andalusia. Debutnya untuk tim senior Spanyol datang pada 8 Juni 2021 saat pertandingan persahabatan melawan Lithuania di Estadio Municipal de Butarque, Leganes.

Ketika itu, Brahim Diaz menandai penampilan pertamanya untuk La Furia Roja dengan mencetak gol kedua dalam kemenangan 4-0.

Tapi, setelah dipinjamkan ke AC Milan selama dua musim terakhir, Brahim Diaz gagal mendapatkan panggilan timnas. Dia juga tidak ikut membela tim Matador ketika Piala Dunia 2022 diselenggarakan di Qatar. Itu adalah Piala Dunia yang membuat negara asal neneknya dikenal ke seluruh dunia.

Akibat penampilan bagus Maroko di Piala Dunia 2022, Brahim Diaz berminat mengajukan perpindahan asosiasi. Dia menggunakan salah satu pasal dalam aturan FIFA yang mengizinkan pindah asosiasi, meski pernah bermain di tim senior. Sebab, laga yang dijalani Brahim Diaz dengan Spanyol hanya uji coba.

Uniknya, Brahim Diaz sebenarnya pernah dipanggil Maroko menjelang Piala Dunia 2018. Saat itu, Herve Renard menjadi pelatih. Pria yang kini menukangi Arab Saudi meminta Brahim Diaz bergabung. Tapi, ditolak mentah-mentah karena merasa Spanyol lebih menjanjikan dari Maroko.

Kini, setelah keadaannya berbanding terbalik, Brahim Diaz mulai berubah pikiran. Dia mengemis untuk bisa memperkuat The Atlas Lions.

Menurut jurnalis Spanyol, Lino Bacco, keinginan Brahim Diaz pindah ke Maroko bukan isapan jempol semata. Dia sudah menyewa pengacara khusus untuk mempersiapkan segalanya. Dia juga sudah berhubungan dengan Asosiasi Sepakbola Maroko (FRMF) serta pelatih timnas, Walid Regragui. Hasilnya, lampu hijau.

Kabarnya, Brahim Diaz sudah bisa bergabung dengan Maroko pada FIFA matchday edisi Maret 2023 saat beruji coba dengan Kolombia. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network