Nahuel Guzman, Pemain yang Punya Klausul Transfer Terkait Lionel Messi

"Dia bukan pemain antah berantah. Pernah memperkuat timnas Argentina. Banjir trofi dan kenal secara personal dengan Messi."

Feature | 26 August 2020, 07:00
Nahuel Guzman, Pemain yang Punya Klausul Transfer Terkait Lionel Messi

Libero.id - Rumor kepergian Lionel Messi dari Barcelona bisa memiliki dampak berantai seperti permainan karambol. Di Meksiko, ada seorang kiper asal Argentina yang bermain untuk Tigres UANL, yang terkait dengan kepindahan La Pulga. Penjaga gawang itu bernama Nahuel Guzman.

Kiper berusia 34 tahun tersebut bermain untuk klub Argentina tempat Messi kecil menimba ilmu sepakbola untuk pertama kalinya, Newell's Old Boys, sebelum bergabung dengan Tigres pada 2014. Uniknya, dalam klausul kontrak Guzman dengan Tigres tertulis dirinya diizinkan kembali ke Newell's jika Messi juga kembali ke klub tersebut.

"Ketika saya mengusulkan klausul Messi (kepada Tigres), mereka mengatakan kepada saya bahwa mereka akan memasukkannya. Saya akan senang jika itu terjadi karena Messi menginginkannya (terjadi) dan termotivasi untuk bermain di Argentina. Tapi, itu sulit membayangkannya," ujar Guzman kepada TyC Sports.

Awalnya Guzman hanya bercanda dengan klausul Messi. Dia mengusulkan hal itu karena sama-sama lulusan Newell's. Secara personal, penjaga gawang kelahiran Rosario, 10 Februari 1986, itu juga mengenal La Pulga. Guzman adalah kiper cadangan La Albiceleste di Copa America 2015, Copa America Centenario, dan Piala Dunia 2018.

Namun, Guzman juga sadar klausul Messi dalam kontraknya di Tigres tidak akan bisa benar-benar diwujudkan. "Kami (lulusan Newell's) seperti keluarga besar. Kami diikat oleh gairah yang sama. Tapi, saya juga sadar situasinya tidak akan semudah yang saya harapkan untuk melihat Messi (di Newell's) lagi," tambah Guzman.

Libero.id

Lionel Messi dan Nahuel Guzman

Guzman mengawali karier sebagai pemain Newell's. Lulus pada 2005 dan memulai debut setahun kemudian. Sementara Messi bergabung dengan Newell's ketika kanak-kanak. Di usia 13 tahun, dia pindah ke Spanyol untuk menjalani pengobatan penyakit hormon pertumbuhan dengan dana dari Barcelona.

Ketika Messi menjadi bintang di La Liga, Guzman tetap bermain di Newell's hingga Juli 2014. Setelah membawa Newell's menjuarai Liga Argentina, dia ditransfer ke Tigres untuk bermain di Liga Meksiko. Memulai debut pada 19 Juli saat Tigres melawan Atlas de Guadalajara, pemilik nama lengkap Nahuel Ignacio Guzman tersebut langsung menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang.

Libero.id

Lionel Messi dan Nahuel Guzman

Selama 6 tahun bermain untuk Tigres, prestasi Guzman layak dibanggakan. Seperti Messi yang mempersembahkan banyak trofi untuk Barcelona, dia juga membantu Tigres menjuarai Liga Meksiko Apertura 2015, Apertura 2016, Apertura 2017, Clausura 2019. Ada juga Campeon de Campeones 2016, 2017, 2018 dan Campeones Cup 2018.

Berkat penampilan yang bagus di Negeri Sombrero, Guzman mendapatkan panggilan memperkuat Argentina. Di level junior, dia tampil di Piala Dunia U-17 pada 2003. Saat senior, Guzman menggantikan Sergio Romero, yang cedera, jelang Piala Dunia 2018. Dia juga masuk skuad saat La Albiceleste menjadi runner-up Copa America 2015 dan Copa America Centenario.

Karena itu, ketika Messi menyatakan berniat meninggalkan Barcelona, Guzman sangat berharap Newell's menjadi tujuan selanjutnya. Meski kemungkinan sangat berat, peluang Messi meninggalkan Camp Nou terbentang sangat luas di depan mata.

Rumor kepergian Messi ternyata juga telah sampai ke telinga Presiden Daerah Otonomi Katalunya, Quim Torra. Melalui Twitter, mantan wartawan itu memiliki pesan khusus untuk La Pulga. Torra menyatakan Katalunya akan selalu menjadi rumah Messi dan keluarganya. Dia berterima kasih untuk semua yang diberikan Messi lewat sepakbola untuk mengharumkan nama Katalunya.

"Katalunya akan selalu jadi rumah anda. Terima kasih banyak untuk semua kebahagiaan dan sepakbola yang luar biasa. Kami sangat beruntung dapat berbagi hidup yang sama dengan pemain terbaik di dunia dan seorang atlet yang mulia. Kami tidak akan melupakan anda Leo Messi," tulis Torra di @QuimTorraiPla.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan AC Milan


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network