Logika Aneh STY dan PSSI, Federasi Arab Saudi Pernah Kirim Pemain ke Spanyol Jelang Piala Dunia 2018

"Harusnya mereka mendukung Marselino dan Ronaldo, bukan mengancam..."

Analisis | 09 February 2023, 17:26
Logika Aneh STY dan PSSI, Federasi Arab Saudi Pernah Kirim Pemain ke Spanyol Jelang Piala Dunia 2018

Libero.id - PSSI dan Shin Tae-yong mempunyai sikap yang mengancam karier Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh, tak mencontoh pada federasi Arab Saudi.

Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh terbilang tidak beruntung memiliki federasi yang tak mendukung karier lebih baik di luar negeri.

Marselino Ferdinan telah diikat KMSK Deinze (Belgia), dan Ronaldo Kwateh tengah menunggu peresmian dari klub Turki (kemungkinan tertunda karena gempa).

Dari dalam negeri, suara gaduh justru datang dari sosok yang seharusnya mendukung karier mereka, Indra Sjafri dan Shin Tae-yong.

Indra Sjafri selaku direktur teknik PSSI dan Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia terlihat memakai kacamata sempit dalam menyikapi karier dua pemain itu.

Indra dan Shin mengkritisi langkah Marselino dan Ronaldo, semata karena Indonesia sedang bersiap menuju Piala Dunia U-20 2023.

"Saya ingin buat tim inti untuk skuat Piala Dunia U-20," tutur Shin (8/2/2023).

"Tapi malah begitu pergi tanpa diskusi dengan pelatih kepala timnas Indonesia, dengan saya dan dengan PSSI," terangnya.

"Mereka itu kan mau bermain di Piala Dunia U-20 2023," ujar Indra (8/2/2023).

"Idealnya mereka itu memberi tahu ya, walaupun juga tidak ada kewajiban, tapi eloknya mereka harus kasih informasi," jelasnya.

Padahal, kepindahan Marselino ke Belgia dan Ronaldo ke Turki bakal memberikan dampak positif bagi timnas Indonesia di masa mendatang.

Dengan hijrah ke liga lebih tinggi, duo wonderkid itu tidak membuang waktu untuk berkompetisi di level rendah (Liga 1) atau cuma berlatih di tim nasional.

PSSI bisa merujuk kebijakan federasi sepak bola Arab Saudi (SAFF) pada 2018 saat mengirimkan sembilan pemain ke La Liga (Spanyol).

Kebijakan itu sangat bisa dijadikan rujukan, mengingat pemain ditempatkan di liga lebih tinggi, serta dilakukan menjelang event besar.

Kesepakatan SAFF dengan La Liga tersebut bertujuan memberi kesempatan main pada pemain Arab Saudi guna bersiap menuju Piala Dunia 2018.

"Pemain yang datang termasuk tiga pemain dari timnas Arab Saudi yang berperan penting dalam kelolosan ke Piala Dunia 2018," tulis La Liga (22/1/2018).

"(Mereka adalah) Salem Al Dawsari, Fahad Mowallad, dan Yahia Sahari."

Tiga pemain itu berturut-turut dipinjamkan selama enam bulan ke Villareal, Levante, dan Leganes.

Adapun enam pemain lain "ditempatkan" di klub divisi dua dan tim akademi Spanyol.

Salah satu nama di atas, Salem Al Dawsari, kelak membobol gawang Argentina di Piala Dunia 2022.

Berkaca dari kebijakan SAFF, PSSI seharusnya merasa diuntungkan dengan keputusan independen Marselino dan Ronaldo yang hijrah ke Eropa menjelang Piala Dunia U-20 2023. 

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network