Hadapi Tim Setangguh Barcelona di Liga Europa, Man United Fokus Mental

"Bakal jadi ujian sesungguhnya untuk Erik ten Hag.."

Analisis | 16 February 2023, 17:23
Hadapi Tim Setangguh Barcelona di Liga Europa, Man United Fokus Mental

Libero.id - Setelah 12 kemenangan dalam 15 pertandingan terakhir, Manchester United asuhan Erik Ten Hag akan diuji lawan tangguh pada leg pertama play-off Liga Europa 2022/2023 di Camp Nou, Jumat (17/2/2023) dini hari WIB. Lawannya, Barcelona, sang pemuncak klasemen sementara La Liga.

Dua tim besar Eropa terpaksa bertemu di ajang ini setelah Barcelona gagal di Liga Champions. Sementara Man United tidak berhasil menjadi pemuncak klasemen fase grup Liga Europa.

Bertemunya dua tim besar berarti para pelatih harus ekstra waspada. Erik ten Hag misalnya, merasa Man United harus memiliki mentalitas dan budaya pemenang untuk bisa mengatasi Barcelona. Dia sadar, skuad didikan Xavi Hernandez memiliki potensi besar mengalahkan Man United.

"Saya baik-baik saja, dan saya senang di sana (Ajax Amsterdam). Saya sedang mencari tantangan baru dan Man United adalah klub besar. Tapi, mereka kurang sukses dalam beberapa tahun terakhir. Jadi, ada tantangan untuk mengembalikan klub besar ke jalurnya," ujar Erik ten Hag di situs resmi UEFA.

"Ini bukan hanya tentang melatih tim. Ini tentang mengubah budaya, mengembangkan budaya pemenang, dan itulah tujuan saya. Kita harus melakukannya bersama-sama," tambah pelatih asal Belanda.

Namun, Erik ten Hag menyadari hal tersebut tidak mudah. Sebab, itu sebuah misi jangka panjang. Itulah mengapa Man United, yang langganan Liga Champions harus turun bermain di Liga Europa.

Hanya saja, pelan-pelan dan pasti, Erik ten Hag sanggup menaikkan performa pemain. Sebut saja Marcus Rashford yang kini menemukan kembali sentuhan magisnya. Begitu juga Luke Shaw dan kini mulai terlihat progres yang bagus Jadon Sancho.

"Saya ingin mendapatkan yang terbaik dari para pemain. Kami ingin membuat tim yang bagus. Tapi, saya juga ingin memaksimalkan penampilan para pemain," kata Erik ten Hag.

Bagusnya performa pemain sudah pasti berbanding lurus dengan kekuatan tim. Kekompakan itulah yang menjadi modal Erik ten Hag saat memimpin anak asuhnya bertandang ke Camp Nou. "Ini tidak akan mudah," ucap Erik ten Hag singkat setelah Man United bertemu Leeds United di Liga Premier, dikutip BBC Sport.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network