14 Pemain yang Didepak Barcelona Memiliki Nilai Pasar Rp 5,7 Triliun

"Situasi Barca saat ini benar-benar dalam kekacauan. Lebih dari setengah dari skuad mereka akan dijual"

Feature | 31 August 2020, 11:10
14 Pemain yang Didepak Barcelona Memiliki Nilai Pasar Rp 5,7 Triliun

Libero.id - Sebenarnya tidak semua yang terjadi di Barcelona saat ini berpusat pada Lionel Messi, meskipun pada kenyataanya demikian. Keputusan kapten El Barca itu untuk pergi telah memengaruhi seluruh elemen yang ada di Camp Nou.

Kondisi itu terjadi saat manajemen Barca sedang berusaha membangun kembali tim dengan Ronald Koeman yang akan menjadi nakhoda baru di musim 2020/21.

Setidaknya ada 14 pemain yang bakal didepak oleh Koeman musim panas ini, sepuluh di antaranya berasal dari tim utama dan empat lainnya kembali dipinjamkan tanpa jaminan di tim utama.

Jika digabungkan, keempat belas pemain tersebut telah menjalani 2240 pertandingan dan kebanyakan dari mereka adalah pemain yang tidak tersentuh (bukan pilihan utama). Berdasarkan penilaian Transfermarkt, 14 pemain Barcelona yang bakal dijual memiliki nilai pasar sebesar 332 juta Euro (Rp 5,7 triliun) di bursa transfer pemain.

Libero.id

Jordi Alba. Kredit: fcbarcelona.com

Sergi Roberto dan Jordi Alba adalah yang paling mahal dengan harga masing-masing 40 juta Euro, diikuti oleh Samuel Umtiti (32 juta Euro), Sergio Busquets dan Luis Suarez (masing-masing 28 juta Euro ) dan Ivan Rakitic (20 juta Euro).

Kontrak Suarez, Arturo Vidal dan Rakitic akan berakhir pada tahun 2021, yang berarti jika ketiganya dijual, maka kemungkinan besar uang yang akan didapatkan oleh Blaugrana akan menjadi lebih sedikit daripada harga yang seharusnya dibayarkan. 4 dari 14 pemain yang akan dijual adalah pemain jebolan La Masia dan tidak akan merugikan klub satu sen pun- Carles Alena, Rafinha, Sergi Roberto dan Busquets.

Libero.id

Philippe Coutinho. Kredit: fcbarcelona.com

Untuk Philippe Coutinho, Barca harus mengeluarkan biaya yang besar, yakni 120 juta Euro di muka,  itu setelah mereka mendapatkan Umtiti (20 juta Euro), Junior Firpo (23 juta Euro), Vidal (19 juta Euro), Rakitic dan Martin Braithwaite (masing-masing 18 juta Euro ) dan Jordi Alba (14 juta Euro) dengan total 324 juta Euro.

Agen Sergi Roberto dan Busquets telah mengatakan bahwa mereka tidak akan pergi, Jordi Alba terikat kontrak hingga 2024 dan Junior Firpo baru saja masuk. Kontrak Suarez, Vidal dan Rakitic yang segera berakhir dapat membuat ketiganya pergi dengan relatif mudah, sementara situasi Coutinho benar-benar tidak jelas, meskipun kepergian Messi akan meningkatkan peluangnya untuk bertahan.

Kesimpulannya, situasi Barca saat ini benar-benar dalam kekacauan. Lebih dari setengah dari skuad mereka akan dijual, tetapi jika Messi pergi, mereka akan berada di dalam situasi yang mungkin akan jauh lebih berbeda lagi.

Perkenalan Trincao

Libero.id

Francisco Trincao. Kredit: fcbarcelona.com

Pekan lalu, Francisco Trincao akhirnya diresmikan sebagai pemain Barcelona di Camp Nou, dan pemain masa depan Selecao itu menekankan keinginannya untuk bekerja keras di klub barunya.

Dilansir dari portugoal.net, mantan pemain Sporting Braga itu dikontrak oleh Barca dalam kesepakatan  31 juta Euro pada bulan Januari lalu, dengan pemain berusia 20 tahun itu tinggal di Portugal untuk paruh kedua musim ini. Setelah menandatangani kontrak lima tahun di Catalan, Trincao memulai latihan pramusim di lingkungan barunya awal bulan ini.

“Saya datang ke Barca untuk bekerja dan menjadi bintang di klub ini” ujar Trincao.

“Saya tidak sabar untuk memulai dan saya ingin memenangkan segalanya untuk Barcelona. Ini adalah hari pertama dan saya sangat senang. Barca adalah klub terbaik di dunia dan saya berharap dapat membantu tim dengan gol dan assist.”

Ditanya tentang posisi terbaiknya, Trincao menjawab: “Saya di sini untuk bekerja dan dapat melakukan yang terbaik yang saya bisa. Saya akan berbicara dengan pelatih, untuk mencari tahu apa yang dia inginkan dari saya, dan saya merasa nyaman bermain di posisi apa pun, di penyerang atau di sayap. Saya berharap para penggemar menikmati permainan sepak bola saya.”

Terkait masalah kepergian Messi dari Blaugrana yang menjadi trending topic dalam beberapa hari terakhir, Trincao hanya menanggapi santai soal kabar tersebut dengan mengatakan, "Kita akan lihat apa yang akan segera terjadi," katanya.

“Saya hanya fokus pada apa yang bisa saya lakukan. Saya belum berbicara dengan Koeman atau Messi, tapi tentu saja saya ingin Messi bertahan karena saya memiliki dia sebagai referensi dalam sepakbola. Suarez pergi? Saya telah berada di sini selama dua minggu dan saya ingin melakukan pekerjaan saya, banyak bermain dan menjadi referensi di Barcelona. Sisanya bukan untuk saya komentari.”

Trincao akan menjadi orang Portugal ke-9 yang bermain untuk Barcelona, setelah Fernando Couto, Deco, Simao Sabrosa dan tentu saja Luis Figo. Menanggapi perbandingannya dengan Figo, Trincao menjawab persoalan itu dengan penuh percaya diri.

“Saya mengambil inspirasi dari semua rekan saya yang telah berada di klub ini. Tapi saya di sini untuk membuat sejarah saya sendiri. Saya ingin berada di klub terbaik di dunia, memenangkan segalanya dan menjadi satu lagi anggota tim. Saya menjanjikan pekerjaan dan dedikasi sejak hari pertama.”

“Figo? Dia sangat bagus di klub ini dan saya harap saya bisa melakukannya lebih baik lagi” jelas Trincao.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network