Indonesia Semakin Tertinggal? Setelah Singapura, Vietnam OTW Gunakan VAR

"Kalau ada VAR kan wasit kita ga lawak terus-terusan.."

Berita | 22 February 2023, 17:55
Indonesia Semakin Tertinggal? Setelah Singapura, Vietnam OTW Gunakan VAR

Libero.id - Musim baru 2023 Liga Utama Singapura dipastikan akan menggunakan Video Asisstan Referee (VAR). Persiapan itu sudah mereka lakukan dari tahun lalu, dan setelah segalanya rampung teknologi tersebut bisa digunakan.

Tak mau ketinggalan, V.League 1 alias Liga kasta tertinggi Vietnam menyusul menggunakan VAR. Saat ini mereka tengah memfasilitasi 18 wasit dan asisten wasit untuk menghadiri kursus khusus.

Kursus yang diselenggarakan oleh Perusahaan Saham Gabungan Sepak Bola Profesional Vietnam (VPF) sedang berlangsung dan dimulai pada 20 Februari lalu.

Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) Tran Anh Tu mengatakan, kursus itu sangat penting bagi wasit dan asisten wasit. Baru setelah lolos uji FIFA, baru teknologi VAR bisa diterapkan di stadion.

Selama kursus 14 hari, peserta akan diperkenalkan dengan teknologi VAR pada sistem simulasi dengan analisis peralatan dan video dalam 75 situasi yang disediakan oleh FIFA.

Peserta pelatihan akan mempraktikkan penerapan teknologi VAR level-1 pada situasi sederhana di bawah bimbingan online Hakan Anaz, dosen FIFA, dan instruktur wasit dari Vietnam.

Hingga Mei 2023, VPF akan menempatkan dua VAR di wilayah utara dan selatan. Pada akhir Juni 2023, tes akhir akan dilakukan di stadion dengan pengawasan dari para ahli FIFA.

Teknologi VAR akan diterapkan secara resmi dalam pertandingan V.League setelah FIFA menyetujui hasil dari semua pelatihan dan prosedur lainnya.

Jika semua berjalan sesuai rencana, VAR sudah bisa digunakan pada turnamen pra-musim V.League musim 2023-2024.

Sementara untuk Liga Indonesia, VAR masih sebentuk janji dari Ketua Umum PSSI terpilih, Erick Thohir. Semoga tak lama ini bisa menyusul.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Berita

Artikel Pilihan


Daun Media Network